Warga Sukanampa Cimahi Sukses Transformasi Lahan Kosong Jadi ‘Kampung Cengek’

JABAR EKSPRES – Kampung Sukanampa RW 19, Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, muncul inisiatif menarik dari warganya. Gagasan cemerlang membentuk program ‘one RW one produk’ lahir dari dorongan komunitas. Kampung cengek menggambarkan semangat kolaboratif dalam mengembangkan produk unggulan setiap RW untuk memajukan perekonomian lokal.

Lahan kosong tak terurus diubah menjadi ladang produktif dengan munculnya ide penanaman cengek oleh warga. Kolaborasi erat antara warga, ketua KWT, dan karang taruna membawa lahan tersebut bertransformasi menjadi proyek bersama yang memajukan produktivitas warga.

Menurut Ketua RW 19 Kp. Sukanampa Usep Curyadi, mengatakan ‘Kampung Cengek’ berawal dari gagasan masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong menjadi kebun cengek. Tujuannya adalah, untuk meningkatkan produktivitas warga dan menjadikan ikon di kampung tersebut.

BACA JUGA: Imbau Kurangi Timbulan Limbah, Camat Rancaekek Bandung Sarankan Warga Pilah Sampah Secara Mandiri

“Awalnya lahan kosong yang tidak terpelihara, banyak sampah dan rerumputan liar. Kita punya ide untuk dialokasikan dengan menanam cengek. Kita berdiskusi bersama antar warga dan Alhamdulillah kita kerja bersama membangun kebun cengek,” ucap Usep saat ditemui Jabar Ekspres pada, Kamis, 19 Oktober 2023, di Kantor Pengurus RW 19 Kampung Sukanampa.

Melalui kelurahan, warga mengajukan launching ‘Kampung Cengek’ dan Usep berharap RW 19 memiliki ikon tersendiri. Meskipun terkendala lahan yang kecil, namun warga setempat berhasil membuktikan hambatan tersebut.

“Meskipun terkendala dengan lahan yang kecil dan sempit, tapi kami membuktikan bahwa kita bisa memanfaatkan lahan. Selain itu, kami juga mewajibkan setiap rumah menanam cengek baik untuk dikonsumsi atau pun di hibahkan pada kewirausahaan warga untuk dijadikan sambel yang nantinya diproduksi dan dijual,” terangnya.

Pengelolaan kampung cengek tak lepas dari peran karang taruna, tujuannya untuk memajukan kegiatan masyarakat dan membangun UMKM mandiri dari warga setempat agar dapat lebih produktif dalam mengelola cengek.

BACA JUGA: KONI Cimahi Optimis Prestasi Olahraga di Kota Cimahi Akan Meningkat

“Karena skala kecil, cengek nya kami olah lagi dan kebetulan kita sekarang sudah ada produk yaitu ‘Sambel Kamcek” (Sambel Kampung Cengek) dan Alhamdulillah pemerintah kota juga sudah pada tahu tentang produk kami,” ucap Dani Ketua Karang Taruna Kp. Sukanampa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan