Jatuh Bangun Rasyid Rajasa Membangun Usaha

Dari kejadian itu, Rasyid Rajasa mengungkapkan ada hal yang jadi pembelajaran baginya. Ada suatu fakta ia temukan sekaligus kesalahan yang dirinya lakukan pada saat itu.

“Ikan saya ternyata dicuri. Saya belum mengantisipasi kemungkinan ini,” ungkap Rasyid.

Dia mengatakan, ada pelajaran berharga yang ia petik dari pengalaman usahanya itu. Menurutnya, ternyata bisnis itu tidak bisa ditinggalkan. “Kita harus full effort di bisnis itu, harus 100 persen di situ,” sambungnya.

Setelah itu, Rasyid Rajasa menjual perusahaan budidaya ikan lelenya. Ia menangkap peluang usaha baru. Pada saat itu, ia melihat bahwa saat perilaku masyarakat dunia telah berubah ke arah energi baru terbarukan dalam pemanfaatan atau konsumsi energi.

“Jadi saya menjual produk yang namanya gas alam yang tergolong energi bersih. Awal merintis bisnis ini sungguh berat banget,” terang Rasyid Rajasa.

Rasyid menyebutkan, dua tahun pertama menjadi masa-masa yang cukup sulit baginya dalam memasarkan produk barunya. Karena pada saat itu dirinya baru membangun bisnis ini dan priduknya belum bisa diterima konsumen.

“Tapi saya terus berusaha sekuat tenaga, bagaimana caranya saya dan tim saya mampu meyakinkan calon konsumen untuk memakai produk saya. Saat ini, Alhamdulillah sudah tahun kesebelas bisnis saya di bidang energi bersih ini berdiri,” tandas Rasyid Rajasa. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan