Hati-Hati, 9 Penyakit Hati ini Bisa Menyebabkan Kekafiran

JABAR EKSPRES – Setiap manusia memiliki penyakit hati dalam dirinya, namun ada yang tumbuh dan semakin mengakar, adapula yang segera dipadamkan mengikngat bahayanya bila terus dibiarkan.

Bahayanya membiarkan penyakit hati berkembang dijelaskan dalam salah satu ayat di Alquran, yakni dalam Surah At Taubah ayat 125.

Allah SWT berfirman:

وَاَمَّا الَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ فَزَادَتْهُمْ رِجْسًا اِلٰى رِجْسِهِمْ وَمَاتُوْا وَهُمْ كٰفِرُوْنَ

“Dan adapun orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit, maka (dengan surat itu) akan menambah kekafiran mereka yang telah ada dan mereka akan mati dalam keadaan kafir”.

Beberapa penyakit hati dapat memengaruhi perilaku dan perbuatan seseorang, karenanya seringkali ketika seseorang berbuat jahat maka dihubungkan dengan motif orang tersebut melakukannya, yang berarti ada dorongan dari dalam hatinya untuk bebrbuat jahat.

Baca juga : 6 Wujud Penyakit Hati yang Bisa Mempengaruhi Perilaku Manusia

Penyakit hati juga sering kali diidentikkan dengan sekumpulan sifat buruk atau perilaku tercela (al-akhlak al-mazmumah) seperti dengki, dengki, sombong, emosional, dan sebagainya.

Bahkan ada yang menyebut jika penyakit hati ini terus dipelihara akam membuat hari menajdi menghitam dan susah untuk disembuhkan. Berikut beberapa penyakit hati yang bisa berakibat pada kekafiran bila terus dipelihara, dilansir dari tulisan Muhammad Tarmizi Murdianto.

1. Teperdaya (Al-Ghurur)

Al-Ghurur merupakan sifat yang merujuk pada ketidakhati-hatian dan mudah dibodohi atau mudah terpengaruh oleh orang lain.

2. Frustrasi (Al-Yas)

Frustrasi merupakan penyakit hati dimana memelihara kekhawatiran secara berlebihan hingga mmemicu kemarahan.

Frustasi bisa membuat seseorang jadi lebih sensitif dan berpotensi untuk bertindak ceroboh.

3. Was-was

Mungkin was-was termasuk hal yang sepele, namun jika dilakukan secara berlebihan, juga dapat membawa hal buruk.

Misalnya, saat was-was berlebih, mungkin akan membuatmu bertindak berdasarkan nafsu tanpa sadar. Alhasil, kamu bisa melakukan sesuatu tanpa mempertimbangkan dampak yang terjadi ke depannya.

Baca juga : Hati-Hati! 3 Penyakit Ini Sering Dialami Karyawan Kantor

4. Ghibah (bergunjing)

Merupakan tindakan membicarakan orang lain tanpa seperngetahuan orang yang dibicarakan, atau sering pula disebut dengan istilah bergosip. Artinya lebih merujuk pada momen di mana seseorang membicarakan aib orang lain.

Perbuatan ini harus dihindari karena bisa menimbulkan kebencian dan termasuk dosa besar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan