Viral Dugaan Bunuh Diri Mahasiswi Unnes, Kenali Tanda-tandanya di Sini

Menghadapi kesedihan dalam waktu yang cukup panjang bisa menimbulkan stres dan depresi. Kesedihan yang berlebihan inilah yang menjadi penyebab utama keinginan untuk bunuh diri.

3. Mengalami Gangguan tidur

Masalah tidur berkepanjangan bisa menjadi salah satu tanda bahwa seseorang mengidap gangguan mental, seperti stres dan depresi.

Apabila kondisi ini tidak segera ditangani, lama-kelamaan gangguan tidur dapat memperparah gangguan mental yang ada dan memperkuat perasaan ingin bunuh diri.

Baca juga : Remaja Usia 15 Tahun ditemukan Bunuh Diri di Apartemen

4. Perubahan pada kepribadian dan penampilan

Perubahan pada perilaku dan penampilan merupakan tanda-tanda yang paling bisa Anda amati pada orang yang memikirkan tentang bunuh diri.

Ia mungkin akan jadi lebih sering berbicara pelan, makan lebih banyak atau lebih sedikit, dan bahkan tertarik dengan kematian atau kekerasan.

Kondisi ini juga membuatnya terkesan cuek dan tidak memperhatikan penampilan mereka. Dia juga bisa mengalami perubahan rutinitas, seperti pada pola makan atau tidur.

5. Perasaan terisolasi

Orang-orang yang berencana untuk bunuh diri cenderung tidak ingin berinteraksi dengan keluarga maupun teman. Ia akan lebih menarik diri dari kehidupan sosial dan ingin sendirian.

6. Perilaku menyakiti diri sendiri

Perilaku menyakiti diri sendiri alias self-harm juga menjadi salah satu tanda orang yang mau bunuh diri. Ini dilakukan dengan melakukan hal-hal yang membahayakan diri mereka.

7. Pikiran ingin bunuh diri

Kebanyakan orang yang punya pikiran untuk bunuh diri atau suicidal thought akan memberikan tanda-tanda pada teman, keluarga, pasangan, dan orang terdekatnya.

Hal ini bisa berupa salam perpisahan atau surat wasiat bahwa mereka tidak akan bertemu lagi.

Jika menemukan tanda-tanda tersebut pada orang-orang yang dicurigai akan melakukan bunuh diri, segera lakukan pendekatan dan upayakan mencari pertolongan profesional untuk menyelamatkannya.

CATATAN: Informasi ini tidak untuk menginspirasi siapapun untuk bunuh diri. Jika Anda memiliki pikiran untuk bunuh diri, segera mencari bantuan dengan menghubungi psikolog atau psikiater terdekat. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami tanda peringatan bunuh diri, segera hubungi Hotline Kesehatan Jiwa Kemenkes 021-500-454.

Tinggalkan Balasan