Viral Dugaan Bunuh Diri Mahasiswi Unnes, Kenali Tanda-tandanya di Sini

JABAR EKSPRES – Viral kasus kematian mahasiswi Unnes (Universitas Negeri Semarang) yang terjun dari lantai empat Mal Paragon pada Selasa, (10/10) disebut sebagai bunuh diri.

Hal ini karena ditemukannya pesan perpisahan dari dalam tas mahasiswi Unnes  yang tertinggal di lantai empat, yang ditujukan untuk ibunya sebelum melakukan aksi bunuh diri.

Meski masih diselidiki oleh Polisi, namun dugaan kasus tersebut sebagai bunuh diri menguat dari banyaknya komentar netizen yang masuk di media sosial yang mengaku sebagai teman atau orang yang mengenal korban.

Dalam pesan yang ditulisnya, korban berinisial NJW (20) ini memohon maaf kepada orang tuanya karena merasa tidak bisa menjadi orang seperti yang diharapkan orang tuanya dan sudah membuat sedih.

Baca juga : Hari Pencegahan Bunuh Diri Internasional, Menyelamatkan Hidup, Memberi Harapan

“Ibu, maaf karena tidak bisa menjadi sekuat yang kau harapkan,” tulisnya.

Kasus tersebut menambah panjang daftar kasus bunuh diri yang dilakukan oleh anak muda di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan dari data Badan Kesehatan Dunia (WHO), rata-rata kematian akibat bunuh diri di Indonesia mencapai 24 per 100.000 jiwa. Data tersebut dikutip dari artikel berjudul Suicide Prevention in Indonesia: Providing Public Advocacy.

Meningkatnya angka kasus bunuh diri di Indonesia seharusnya bisa dicegah bersama selama ada kepedulian dan perhatian dari banyak pihak. Karena seseorang yang akan melakukan bunuh diri biasanya menunjukkan beberapa tanda atau ciri-ciri yang bisa diketahui oleh orang terdekatnya.

Ciri-ciri tersebut bisa menjadi peringatan bagi orang terdekatnya untuk bisa mencegah upaya mengakhiri hidup tersebut, dengan terus mendampinginya dan tidak membiarkannya sendiri.

Berikut beberapa ciri ketika seseorang ingin mengakhiri hidupnya dilansir dari Hellosehat:

1. Merasa tidak punya harapan lagi untuk tetap hidup

Biasanya orang yang ingin mengakhiri hidupnya merasa putus asa yang mendalam dan merasa terjebak terhadap suatu situasi yang sedang mereka hadapi dan tidak memiliki harapan baik dimasa mendatang.

2. Perasaan sedih dan moody yang ekstrem

Ciri-ciri orang yang mau bunuh diri juga ditandai perubahan suasana hati (mood swing). Ini bisa membuatnya sangat senang, lalu merasakan sedih yang mendalam pada keesokan harinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan