ESDM Akan Uji Laboratorium Semburan Gas di Bogor, Puluhan Warga Masih Mengungsi

BOGOR, JABAR EKSPRES – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan melakukan uji laboratorium untuk mengetahui jenis semburan gas yang terjadi di Kampung Leuwikotok, Desa Pasirlaja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Perwakilan Dinas ESDM Cabang Wilayah II Bogor, Heriman mengatakan, pihaknya belum menganalisis secara pasti, karena harus melihat secara kontruksi dari data-data yang ada.

“Kita harus tahu kronologisnya mulai dari kronologis data awal, proses pengeboran riteloginya, pengeboran tanahnya bagaimana. karena semua yang dilakukan akan berkaitan, maka data yang didapat dilapangan akan menjadi bahan evaluasi, kemudian hasilnya akan di koordinasikan dengan pihak terkait,” kata Heriman kepada media.

BACA JUGA: BREAKING NEWS! Ada Semburan Gas Akibat Galian Sumur di Bogor

Kendati demikian, sambung Heriman, Pihaknya hanya melakukan pengecekan terkait dengan adanya aduan dari warga, untuk perizinan, kata dia ada di kewenangan pemerintah pusat.

“Jadi kami kesini hanya melakukan sebagai pemerintah daerah Provinsi menerima pengaduan dari masyarakat. Kita tanggapi dan kita akan evaluasi, dan kita akan laporkan nantinya, soal tim teknis kita akan koordinasikan masalah tim teknis itu,”tutupnya.

Puluhan Warga Diungsikan Imbas Semburan Gas

Akibat adanya semburan gas bercampur air, puluhan warga diungsikan sementara dari tempat kejadian perkara (TKP).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Muhammad Adam Hamdani mengatakan, ada sebanyak 61 penghuni kontrakan yang dievakuasi sementara.

” Warga sementara sudah banyak yang mengungsi ke tetangga maupun rumah sodaranya,” ujar Adam.

Pihaknya, akan terus menjaga lokasinya hingga beberapa hari kedepan, sembari menunggu hasil laboratorium dari ESDM Provisi Jawa Barat.

BACA JUGA: Lengkap! Berkas Korupsi Program “Samisade” di Desa Tonjong Dilimpahkan ke Kejari Bogor

“Masih kita jaga bersama petugas yang lain TNI-POLRI untuk memastikan situasi aman dan hasil laboratorium nya keluar,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sebuah video viral di media sosial adanya semburan gas alam bercampur air di Kampung Leuwikotok, Desa Pasirlanja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Video berdurasi selama 1 menit pertama kali diunggah oleh akun Instagram @bogorid menampilkan gambar adanya semburan gas bercampur air yang keluar dari sebuah pipa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan