Sejarah Gamelan Sari Oneng yang Ramaikan Peresmian Menara Eiffel Prancis

JABAR EKSPRES – Mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa Gamelan Sari Oneng Sukabumi, pernah tampil di berbagai belahan dunia, hingga menghiasi peresmian menara Eiffel Prancis pada 31 Maret 1889.

Penggiat Sejarah Sukabumi, Irman Firmansyah, mengatakan bahwa Gamelan Sari Oneng dibentuk dari pekerja di kebun teh Parakansalak dan Sinagan, yang kemudian kelompok itu rutin mengadakan latihan serta sering tampil.

“jadi di Parakansalak itu di buat kelompok musik yang pemainnya adalah pekerja perkebunan, kemudian mereka sering latihan rutin hingga sering tampil di acara perkebunan, bahkan di agenda peresmian jalur kereta api yanv menghubungkan Bogor dan Sukabumi mereka pun tampil,” Ujar irman pada Jabar Ekspres Senin (9/10/2023).

BACA JUGA : Miliki Kepribadian Unik, Si Atret Sosok Urban Legend di Kota Sukabumi

Dalam acara pameran yang bertajuk Exposition Universelle di tahun 1889, Gamelan Sari Oneng Parakansalak Sukabumi menunjukkan kebolehannya di mata dunia.

Penulis buku Soekaboemi The Untold Story, itu menjelaskan juga bahwa, Gamelan Sari Oneng itu tampil di peresmian menara Eiffel Prancis, yang hampir enam bulan lamanya.

BACA JUGA : Menengok Mata Air Cikendi, Tak Surut di Musim Kemarau

“Pada peresmian Menara Eiffel Prancis yang bertepatan juga dengan Peringatan 100 tahun revolusi Prancis, Gamelan Sari Oneng tampil hingga beberapa bulan,” Lanjutnya.

Dengan terkenalnya Alunan Gamelan Sari Oneng, bahwa pada masanya di perkebunan teh Parakansalak sempat menjadi destinasi wisata.

Destinasi wisata itu di bingkai dengan nama Visit Parakansalak dan Sinagar, yang dimana orang datang untuk berkuda, mengelilingi kebun teh, hingga menyaksikan penampilan Gamelan Sari Oneng. (Mg9).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan