3 Herbal yang Bisa Atasi Depresi, Mau Coba?

JABAR EKSPRES- Menggunakan herbal sebagai pendukung dalam mengatasi depresi telah terbukti sebagai bagian berharga untuk menjaga kesehatan mental.

Terapi herbal merupakan metode pengobatan komplementer dan perlu untuk dikonsultasikan dengan tenaga medis.

Sejak zaman kuno, tanaman herbal telah dimanfaatkan untuk meredakan gejala depresi dan kecemasan, menawarkan alternatif yang sangat alami dalam mengatasi kondisi tersebut. Tidak semua orang merasa nyaman dengan penggunaan obat-obatan dan mungkin menghindarinya.

 

Herbal alami yang membantu mengatasi depresi

Depresi adalah lebih dari sekadar perasaan sedih yang berlangsung terus-menerus. Ini dapat menjadi masalah yang berlangsung lama dan memengaruhi berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

Meskipun pendekatan pengobatan alami tidak dapat menggantikan tindakan medis atau terapi, para profesional kesehatan melihat adanya hubungan positif antara herbal dan penurunan gejala depresi.

Kecemasan sering kali berjalan beriringan dengan depresi, dan berikut adalah beberapa tanaman herbal yang dapat membantu mengatasi depresi dan kecemasan:

 

Kamomil

Teh kamomil memiliki efek menenangkan yang efektif dalam mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur. Sifat penenangnya menjadikannya pilihan yang populer bagi mereka yang mencari cara mengurangi stres.

 

Baca juga: Tips Mengatasi Trauma Masa Lalu yang Berpotensi Menjadi Gangguan Kesehatan Mental

Baca juga: Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan Tubuh, Simak Penjelasannya di Sini

 

Lavender

Dikenal dengan aromanya yang menenangkan, lavender dapat membantu meredakan kecemasan dan memberikan perasaan kesegaran dalam kehidupan sehari-hari dengan meningkatkan kualitas tidur. Anda dapat mengonsumsinya dalam berbagai bentuk, seperti teh, minyak esensial, atau sachet.

 

Saffron

Saffron, salah satu rempah-rempah termahal di dunia, telah terbukti dapat meningkatkan mood dan sering digunakan sebagai herbal untuk mengatasi depresi. Beberapa sifatnya diyakini memengaruhi kadar serotonin dan neurotransmiter lain dalam tubuh.

Jika Anda atau seseorang yang Anda cintai sedang dalam pengobatan atau memiliki masalah kesehatan yang mendasarinya, sangat penting untuk mendiskusikan penggunaan herbal sebagai pendukung dalam mengatasi kecemasan dan depresi dengan profesional medis.

Pendekatan herbal ini dapat diambil dalam berbagai bentuk, seperti teh, kapsul, atau tincture, dan dapat menjadi bagian dari pendekatan holistik untuk meningkatkan kesejahteraan Anda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan