22 Desa di Kabupaten Bandung Gelar Pesta Demokrasi Rakyat, Pilkades Serentak Masuki Puncaknya

JABAR EKSPRES – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat memasuki puncaknya.

Berbagai tahapan dilakukan mulai dari pendaftaran para bakal calon (Bacalon), administrasi hingga tes penyeleksian untuk maju sebagai calon kepala desa (Cakades) telah dilalui.

Adapun Pilkades serentak di Kabupaten Bandung itu, diikuti oleh sebanyak 22 desa.

Proses pemungutan suara, warga di desa masing-masing yang menyelenggarakan Pilkades, melaksanakan pemilihan pada Rabu, 11 Oktober 2023.

Wilayah Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung melaksanakan pencoblosan di tiga desa sampai waktu penutupan pada 12.00 WIB.

BACA JUGA: Darurat, Dua Pekan Keracunan Masal Terjadi di 3 Kabupaten di Jabar

Ketiga desa  yang menggelar Pilkades serentak itu, yakni Desa Nanjungmekar dengan 3 Cakades, Bojongsalam diisi 2 Cakades dan Desa Rancaekkulon diikuti 5 Cakades.

“Betul, pencoblosan Pilkades Nanjungmekar ditutup resmi pada pukul 12.00 di 18 Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Nanjungmekar, Iin Sodikin melalui seluler pada Rabu (11/10).

“Setelah rehat dilanjutkan penghitungan suara di masing-masing TPS,” tambahnya.

Iin menilai, dari pengamatannya, proses pelaksanaan Pilkades di Nanjungmekar dengan tiga Cakades, yakni Dedah Faridah (01) petahana, Kiki Kosasih (02) dan Endu Muhtada (03) berjalan kondusif, aman dan lancar.

“Hasilnya, siapa ketiga calon kades yang terpilih, termasuk tingkat partisipasi pemilih bisa diketahui setelah P2KD merekap hasil perolehan suara dari 18 TPS di 14 RW,” tukasnya.

Disamping itu, proses pencoblosan di Desa Bojongsalam sama seperti Nanjungmekar, yakni ditutup tepat pukul 12.00 WIB.

Di Pilkades Bojongsalam tampil dua calon yang merupakan suami istri, yakni Emuh Muhtar (01) petahana dan Yuli Hermayati (02) yang merupakan istrinya.

Sementara itu Pilkades Rancaekekkulon tampil 5 calon kades yakni  Helmi Yuzak (01), Dulyadaeni (02), Yuyung Indracahya (03), Jep Cuptandar (04) dan Acep Hapid (05).

BACA JUGA: Disdik KBB Maksimalkan Penanganan Korban Keracunan Yogurt

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lapangan, sampai pukul 15.00 WIB, pelaksanaan Pilkades serentak wilayah Kecamatan Rancaekek tepatnya di 3 desa, berlangsung aman dan lancar alias tak timbul gesekan antar warga.

Camat Rancaekek, Diar Hadi Gusdinar mengakui, proses pelaksanaan Pilkades serentak di wilayahnya berlangsung terkendali.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan