Tingkatkan Kesehatan Gigi, FKG Unjani dan Puskesmas Cimahi Tengah Beri Penyuluhan pada Siswa SMA Muhammadiyah

JABAR EKSPRES – Dalam upaya meningkatkan kesadaran pelajar terhadap kesehatan gigi, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Ahmad Yani (FKG Unjani) bekerja sama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cimahi Tengah (Cimteng) menggelar kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gigi kepada para siswa SMA Muhammadiyah.

Tim pengabdian masyarakat yang juga sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unjani, Hillda Herawati, drg.,Sp.Ort mengatakan, kegiatan Pengabdian Terhadap Masyarakat (Pengmas) tersebut merupakan bagian dari pengimplementasian kemitraan dalam menjalankan program pemeriksaan kesehatan gigi dan penyuluhan terkait pentingnya perawatan gigi dan kesehatan mulut.

”Program ini melibatkan tim dosen kedokteran gigi, dokter gigi muda(koas), mahasiswa FKG Unjani dan tenaga kesehatan dari Puskesmas Cimahi Tengah,” ungkap Hilda melalui siaran tertulisnya.

Dari kegiatan yang digelar pada 3 Oktober 2023 tersebut, pihak Unjani dan Puskesmas Cimteng memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gigi gratis kepada siswa.

”Pemeriksaan kesehatan gigi yang dilakuka menggunakan teknologi aplikasi Hi-Bogi,” ucapnya.

Dia menyebutkan kegiatan tersebut dibagi dua sesi. Sesi pertama penyuluhan yang memberikan informasi tentang pencegahan maloklusi, pentingnya kebersihan gigi, serta gaya hidup sehat yang mendukung kesehatan mulut yang baik.

”Maloklusi itu disebabkan oleh kekurangan gizi, keturunan, kelainan gigi, dan kebiasaan buruk,” bebernya.

Dalam kegiatan itu juga, siswa diberikan penyuluhan tentang cara mencegah maloklusi karena kebiasaan buruk seperti menghisap jari, mengigit lidah/mendorong gigi pakai lidah, bernafas melalui mulut, menghisap- hisap bibir, mengigit kuku, serat minum susu menggunakan gelas tidak memakai dot untuk anak-anak balita.

”Masyarakat perlu melakukan pemeriksaan gigi rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali dengan bisa berkunjung ke RSGM Unjani atau dokter gigi terdekat,” bebernya.

Sementara itu, tim Pengmas lainnya Mutiara Sukma Suntana, drg.,M.Kes menambahkan, penyuluhan juga mengenai peran radiologi untuk kesehatan gigi. Dia menjelaskan, radiologi kedokteran gigi memainkan peran kunci dalam kesehatan gigi mulut.

Menurutnya, penggunaan teknologi radiologi akan membantu dalam diagnosis dan pemantauan masalah gigi dan mulut. Teknologi ini memungkinkan para ahli radiologi kedokteran gigi untuk melihat masalah gigi dan mulut dalam detail.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan