Jalur Cileunyi – Cibiru Kerap Macet, Bupati Bandung: Tak Ada Terminal Representatif

KABUPATEN BANDUNG, JABAR EKSPRES – Kemacetan arus lalu lintas mulai dari Bunderan Cibiru-Cileunyi, wacana pembangunan Cileunyi Terpadu atau Jalan Lingkar Cileunyi (JLC) hingga keberadaan terminal liar di sejumlah titik wilayah Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung jadi sorotan.

Pasalnya, kemacetan tak bisa dihindari khususnya dari lajur Jalan Raya Cileunyi, Cinunuk hingga Bundaran Cibiru terutama pada jam sibuk, sampai dijuluki Jalur Neraka atau Jalan Perenggut Masa Muda, karena macetnya yang begitu panjang dan lama.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bandung, Dadang Supriatna membenarkan bahwa jalur tersebut kerap dihantui kemacetan.

“Diakui di Cileunyi tak ada terminal refresentatif, termasuk di Kabupaten Bandung,” kata Dadang saat melakukan Rempug Bedas di Desa Cinunuk, Cileunyi pada Senin 9 Oktober 2023.

BACA JUGA: Sekda Bandung Tanggapi Wacana Jalan Sukajadi Kembali Jadi 2 Arah

Menurutnya, sejumlah titik terminal liar pun menjadi faktor lain terjadinya kemacetan lalu lintas, seperti di bawah jembatan simpang susun Tol Cisumdawu.

“Kadishub saya langsung perintahkan untuk segera ditertibkan atau ditata,” ujar Bupati yang akrab disapa Kang DS.

Melalui pantauan di lapangan, pada kegiatan Rembug Bedas tersebut muncul sejumlah curhatan dari sejumlah tokoh masyarakat dan Ketua RW di Desa Cinunuk yang disampaikan langsung kepada Bupati Bandung.

Terkait kemacetan lalu lintas ruas Bundaran Cibiru-Cileunyi dan wacana pembangunan Cileunyi terpadu atau Jalan Lingkar Cileunyi, sebagai solusi mengatasi kemacetan, diminta warga supaya bisa dirralisasikan alias jangan sebatas wacana.

BACA JUGA: Jalan Cikawari di Kabupaten Bandung Rusak Parah, Masyarakat: Naik Motor Serasa Naik Kuda

“Wacana pembangunan Cileunyi terpadu atau Jalan Jalan Lingkar Cileunyi kagok (nanggung). Saya yang telah hampir 2 tahun 6 bulan jadi Bupati Bandung sebentar lagi mau habis,” ungkap Kang DS.

Kendati demikian, orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu menyampaikan, dirinya akan berupaya merealisasikan solusi kemacetan di area Cileunyi.

“Insya Allah, jika jadi Bupati Bandung lagi untuk periode ke-2, wacana tersebut akan direalisasikan,” bebernya.

Kang DS pun mengakui jika pembangunan Cileunyi terpadu dan Jalan Lingkar Cileunyi untuk pembebasan lahan di Cileunyi tak ada kendala.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan