Apakah Dajjal disebutkan dalam Al-Qur’an ?

JABAR EKSPRES-Dajjal dijelaskan sebagai sosok yang akan muncul pada akhir zaman dan menyesatkan manusia, menjadi salah satu tanda bahwa kiamat sudah dekat. Informasi mengenai Dajjal dapat ditemukan dalam hadis Nabi Muhammad SAW, meskipun tidak secara eksplisit disebutkan dalam Alquran.

Dalam Surah Al-Anam ayat 158, Alquran secara tidak langsung mengungkapkan kemunculan Dajal sebagai salah satu tanda kiamat. Menurut Imam Ibnu Katsir, sebelum kiamat, akan muncul tanda-tanda kiamat, termasuk Dajjal.

BACA JUGA : Mencontoh Adab Rasulullah Saat Menjenguk Orang Sakit

Pendapat mengapa Dajjal tidak disebutkan secara eksplisit dalam Alquran adalah karena kehinaannya, sehingga tidak pantas disebutkan secara langsung. Namun, hadis-hadis menjelaskan tentang Dajal, dan bagi seorang Muslim, penting untuk mengimani tanda-tanda kiamat, termasuk kemunculan Dajjal.

Surah Al-Kahfi, terutama sepuluh ayat pertamanya, dianggap memiliki keutamaan dalam melindungi dari fitnah Dajjal. Rasulullah juga menyarankan membaca akhir surah Al-Kahfi sebelum tidur untuk memperoleh cahaya dan petunjuk Allah.

Semua nabi telah memperingatkan tentang bahaya Dajal, dan akan ada hari ketika Dajjal akan muncul. Dajjal akan berada di bumi selama 40 hari, di mana waktu akan terasa sangat berbeda. Dia akan dibunuh oleh Nabi Isa AS.

BACA JUGA : Fakta Islam Tentang Bahaya Menonton Film Dewasa

Karakteristik Dajal mencakup mata satu atau buta sebelah, sifat pendusta, dan menawarkan surga padahal neraka. Mereka menggunakan manipulasi dan tipu daya untuk menyebarkan ajarannya. Orang yang ingin selamat harus mampu membedakan antara kebenaran dan tipuan mereka.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan