Alwi Farhan Cetak Sejarah Raih Juara Dunia Junior BWF 2023

JABAR EKSPRES – Di tengah kekecewaan atas kekalahan tim bulutangkis Indonesia di Asian Games 2022. Kabar membanggakan datang dari Alwi Farhan yang mencetak sejarah dengan menjadi pemain tunggal putra Indonesia pertama berhasil meraih gelar juara dunia bulutangkis junior.

Alwi tampil sebagai Juara Dunia Junior BWF 2023 setelah mengalahkan pemain China Hu Zhe An 21-19, 19-21, 21-14 pada partai final di The Podium Arena, Spokane, Washington, Amerika Serikat. Minggu malam waktu setempat (9/10/23).

Tampilnya Alwi sebagai pemenang pada partai final yang berlangsung ketat tersebut membuat remaja kelahiran Surakarta 12 Mei 2005 ini
menjadi tunggal putra Indonesia pertama yang berhasil menjuarai kejuaraan dunia remaja.

BACA JUGA : Prediksi Skor dan Susunan Pemain Jelang Big Match Persib vs Persebaya

Selama penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Yunior BWF sejak tahun 1992 hingga 2022, pebulutangkis Indonesia belum pernah mencatatkan diri menjuarai kejuaraan dunia junior di nomor tunggal putra dan ganda putri. Di nomor tunggal putri, ganda putra dan ganda campuran, Indonesia memiliki juara dunia usia muda.

Prestasi Indonesia di nomor tunggal putri adalah milik Gregoria Mariska Tunjung Cahyaningsih, yang menjadi juara dunia junior tahun 2017.

Di nomor ganda putra, Indonesia tercatat dua kali menjadi juara dunia junior, yaitu pada tahun 1992 melalui pasangan Santoso/Kusno dan pada tahun 2019 melalui pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Martin.

Di nomor ganda campuran, Indonesia telah empat kali menjadi juara, yaitu pada tahun 2011 melalui pasangan Gloria Emanuelle Widjaja/Alfian Eko Prasetya, tahun 2012 melalui pasangan Melati Daeva Oktavianti/Edi Subaktiar, tahun 2017 melalui pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dan pada tahun 2018 melalui pasangan Indah Cahya. Sari Jamil/Léo Rolly Carnando.

BACA JUGA : Pelatih Persebaya Waspadai Pemain Persib Bandung Jelang Big Match

Final tunggal putra BWF World Junior Championships antara Alwi dan Hu Zhe An berakhir dengan sukses. Di awal game pertama, Alwi sempat tertinggal lebih jauh, namun ia berhasil bangkit untuk menyamakan kedudukan dengan skor 16-16, meski Alwi bisa menang 21-19.

Di awal game kedua, Alwi sempat memimpin 19-17. Namun di posisi ini, jagoan Indonesia itu kehilangan 4 angka beruntun hingga membuat Hu Zhe An menang 21-19, dan memaksa pertandingan berlanjut ke set ketiga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan