10 Negara Paling Religius di Dunia, Indonesia Urutan ke Berapa?

JABAR EKSPRES – Tidak disangka, ternyata Indonesia berhasil masuk kedalam urutan 10 besar negara paling religius di dunia. Meski hanya menduduki urutan ke 7 namun Indonesia patut berbangga, karena berhasil mengalahkan negara besar yang menjadikan agama sebagai hukum dinegaranya.

Berada di posisi ke-7 negara paling religius di dunia, Indonesia berhasil mengantongi skor 98,7.  Lebih besar sedikit dari  Djibauti, Mauritania dan Sri Langka diposisi 10,9 dan 8.

Data tentang negara dengan tingkat religius tertinggi ini merupakan hasil  survey yang dilakukan oleh majalah CEOWORLD dan Global Business Policy Institute.

Mereka melakukan survey tersebut untuk mengukur tingkat religiusitas, yang dilakukan  di 148 negara dengan melibatkan  370 ribu masyarakat dunia sebagai partisipannya. Hasilnya cukup mengejutkan, karena negara-negara besar yang menggunakan hukum agama sebagai hukum negaranya justru tidak masuk ke dalam 10 besar.

Baca juga : Budaya Religius Harus Terus Ditingkatkan

Padahal penelitian ini mengulik perspektif tentang bagaimana agama mempengaruhi sistem budaya, sosial, dan politik di seluruh dunia.  Berikut daftar 10 negara paling religius di dunia :

1. Somalia (Skor Religiositas 99.8)

Somalia adalah negara yang memiliki sejarah spiritual menarik. Agama-agama tradisional Afrika, Islam, dan Kekristenan (Kristen dan Katolik) meninggalkan jejak di salah satu negara Afrika Timur ini.

Islam memainkan peran penting di Somalia sejak abad ketujuh. Bahkan, Somalia merupakan salah satu tempat pertama yang memeluk agama Islam. Islam menyebar dengan cepat di seluruh Semenanjung Arab dan Somalia menjadi pusat penting pembelajaran bagi dunia Muslim.

Agama-agama tradisional Afrika juga memiliki akar yang dalam di Somalia. Saat ini, masih banyak masyarakat Somalia yang terus menjalankan tradisi-tradisi Afrika bersamaan dengan Islam.

Meskipun tiba di Somalia pada abad ke-12, Kekristenan masih menjadi agama minoritas di negara ini.

2. Nigeria (Skor Religiositas 99.7)

Dalam hal budaya dan masyarakat, Nigeria adalah negara yang sebagian besar penduduknya menganut agama Islam dengan mayoritas Islam Sunni.

Asal-usul Islam di Nigeria berawal pada abad ke-15, yakni ketika Islam diperkenalkan melalui penyebaran Kekaisaran Songhai. Islam menyebar dengan cepat di seluruh Nigeria sehingga menjadi agama mayoritas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan