Cara Membuat Bedak Saripohatji Sendiri Agar Lebih Hemat

JABAR EKSPRES – Penasaran bagaimana cara membuat bedak saripohatji, kamu bisa mendapatkan tips dan triknya di artikel ini.

Bedak Saripohatji dulu sangat mudah didapatkan, hampir disetiap toko bahkan warung-warung tradisional menjualnya. Namun kini sangat susah untuk mendapatkannya. Karenanya banyak yang memilih untuk membuatnya sendiri. Untuk mengetahui cara membuat bedak saripohatji, kamu bisa menyimaknya disini.

Bedak Saripohatji adalah sebuah merek yang sudah sangat terkenal, merupakan merek dari sebuah produk kosmetik yang berupa masker yang terbuat dari berbagai produk alami.

Pada era 50-60an merek bedak ini sangat terkenal hingga di akhir tahun 90an. Karenanya orang akan menyebut masker atau bedak dingin dengan sebutan bedak Saripohatji, meskipun yang digunakan sebenarnya bukan merek tersebut.

Bedak Saripohatji sangat dikenal di wilayah Jawa Barat,dan di wilayah Jawa Tengah orang lebih banyak membuat sendiri bedak dingin untuk digunakannya.

Karenanya nama Saripohatji akan lebih familiar ditelinga orang Sunda di banding orang Jawa.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat dengan Masker Saripohatji dan Madu, Gampang dan Murah

Bedak Saripohatji memiliki khasiat yang luar biasa banyak, di Jawa bedak dingin akan banyak digunakan pada wanita setelah masa persalinan. Selain untuk mengembalikan kekencangan kulitnya yang mengendur setelah hamil, juga untuk memberikan aroma tubuh yang wangi.

Ada sumber yang menyebutkan bahwa nama Saripohatji diambil dari nama Sri Pohaci. Dewi yang kerap dihubungkan dengan padi, serta kecantikan dalam kepercayaan masyarakat Sunda.

Untuk kamu yangb ingin mencoba membuat bedak ini sendiri, kamu bisa mengikuti cara-cara dibawah ini :

Bahan Pembuatan

Beberapa bahan alami yang digunakan untuk membuat bedak saripohatji diantaranya :

– Bahan utama tepung beras
– Jeruk nipis
– Kunyit
– Temulawak
– Tomat
– Aneka daun seperti beung beureman, jambu, mangkokan, pandan, suji, dan teklan.

Baca juga : Sekali Pakai, Wajah Putih Seketika, ini Keampuhan Saripohatji Ditambah Air Mawar

Cara Pembuatan

Untuk membuat bedak Saripohatji dibutuhkan keuletan dan ketelatenan, karena memakan waktu lebihd ari satu hari.

Cara pembuatan bedak diawali dengan merendam bahan-bahan herbal selama dua hari. Setelah proses perendaman dilanjutkan dengan ditumbuk dan diendapkan.

Tinggalkan Balasan