Intelijen Israel Mossad Tak Mampu Mendeteksi Serangan Balik Hamas

JABAR EKSPRES – “Kami sungguh tidak percaya bagaimana insiden ini bisa terjadi”, ini adalah respon yang keluar dari para pejabat Israel hari ini.

Mereka mempertanyakan bagaimana hal tersebut bisa terjadi, mengingat semua sumber daya dan kecanggihan intelijen Israel tetapi tidak mampu mendeteksi serangan ini.

Sejumlah besar pejuang bersenjata Palestina berhasil menyeberangi perbatasan yang sangat terjaga antara Israel dan Jalur Gaza, sementara ribuan roket diluncurkan dari Gaza menuju Israel.

Dengan semua badan intelijen Israel, termasuk Shin Bet, yang mengurus intelijen dalam negeri, Mossad yang merupakan agen mata-mata eksternal, serta semua kekuatan Pasukan Pertahanan Israel, ini benar-benar mengherankan bahwa tidak ada yang bisa meramalkan kejadian ini.

Atau mungkin mereka melihatnya, tapi gagal untuk mengambil tindakan yang tepat.

Israel dikenal memiliki salah satu badan intelijen terluas dan paling didanai di wilayah Timur Tengah.

Mereka memiliki jaringan informan dan agen yang tersebar di kelompok militan Palestina dan juga di Lebanon, Suriah, dan di tempat-tempat lainnya.

Di masa lalu, badan intelijen ini berhasil melakukan pembunuhan tertarget terhadap para pemimpin militan, memantau setiap langkah mereka secara rinci.

Kadang-kadang ini dilakukan dengan serangan pesawat tak berawak setelah agen intelijen memasang pelacak GPS pada kendaraan target, atau bahkan dengan penggunaan ponsel yang diledakkan.

Baca Juga: Pejabat Israel Ini Klaim Pemukim Ilegal Israel Lebih Penting Daripada Hak Warga Palestina

Di lapangan, di sepanjang perbatasan yang ketat antara Gaza dan Israel, terdapat kamera pengawasan, sensor gerakan tanah, dan patroli oleh tentara reguler.

Dengan kawat berduri yang seharusnya berfungsi sebagai “sistem penghalang pintar,” seharusnya mustahil bagi siapapun untuk menembusnya seperti yang terjadi dalam serangan ini.

Namun, para pejuang Hamas dengan mudah membuka jalan mereka melalui pagar ini, membuat lubang di kawat, atau bahkan masuk ke Israel melalui laut atau dengan menggunakan paralayang.

Untuk merencanakan dan melaksanakan serangan yang begitu terkoordinasi dan kompleks, yang melibatkan penimbunan senjata dan peluncuran ribuan roket tepat di bawah hidung para pejabat Israel, pasti memerlukan tingkat keamanan operasional yang luar biasa dari pihak Hamas.

Tinggalkan Balasan