KPU KBB Menjadi Daerah Pertama Terima Logistik Sebanyak 5 Kontainer

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menerima ribuan logistik berupa kotak suara untuk gelaran pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Berdasarkan data dari KPU Bandung Barat per tanggal 4 Oktober 2023, sebanyak 5.838 logistik telah diterima KPU KBB. Kemudian pada 5 Oktober 2023, KPU kembali menerima logistik sebanyak 5 truk kontainer.

“Untuk 5 truk kontainer ini belum kita hitung secara detail. Secara keseluruhan kebutuhan logistik untuk Bandung Barat sendiri sebanyak 25.472,” ungkap Sekretaris KPU KBB, Olina Theresia kepada wartawan, Jumat (6/10/2023).

Kabupaten Bandung Barat dan Sukabumi menjadi daerah pertama yang menerima logistik dari KPU RI. Menurutnya, logistik yang diterima KPU Bandung Barat berdasarkan keputusan dari KPU Jawa Barat (Jabar) dengan sejumlah persyaratan.

BACA JUGA: Bawaslu Kabupaten Bandung Antisipasi Media Sosial Sebagai Sarana Kampanye Hitam

Meski demikian, khusus untuk logistik utama yakni surat suara masih menunggu penetapan jumlah pemilih tetap (DPT) di tingkat pusat rampung.

“Secara administrasi dan lainnya Bandung Barat dan Sukabumi sudah siap mengikuti Pemilu 2024,” kata Olina.

“Selain itu, kita juga sudah menyiapkan gudang logistik di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) yang berlokasi di Jalan Raya Batujajar,” tambahnya.

Ia menambahkan, terkait kebutuhan surat suara, pihaknya bakal mengajukan jumlahnya disesuaikan dengan DPT yaitu sebanyak 1.317.866 orang yang terdiri dari 651.109 orang pemilih perempuan dan 666.757 orang pemilih laki-laki. Serta ditambah suara cadangan sebanyak 2 persen.

“Untuk surat suara ini harus berdasarkan yang direkomendasikan dari KPU KBB dalam hal ini sesuai DPT dan kemudian diajukan ke Jabar untuk selanjutnya direkom ke pusat,” tandasnya. (Mg5)

BACA JUGA: Demi Pemilu 2024 yang Kondusif, Kesbangpol Kota Bandung Beri Pendidikan Politik

Writer: SuwitnoEditor: Muhammad Al Hafizh Putra Reza

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan