Amankan Pilkades di Kabupaten Bandung, 320 Personel Kepolisian Disiagakan

JABAR EKSPRES – Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2023, pihak kepolisian menyiapkan 320 personel untuk mengamankan jalannya Pilkades.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan  320 personil tersebut nantinya akan ditempatkan sesuai dengan timelinenya saat ini yang sudah masuk dalam tahap kampanye.

“Sebanyak 320 personil yang terlibat akan ditempatkan sesuai dengan Kecamatan atau Desa yang sudah termasuk dalam sprint. Jadi yang hari ini kampanye maka sprint yang terlibat sesuai dengan rayonisasi nya,” ujar Kusworo saat ditemui, Jumat (6/10/2023).

BACA JUGA: Dukung Kedatangan Anies ke Bandung Barat, Kawani Amin Pasang Badan

Kusworo menambahkan, selain menyiapkan personel di setiap rayon, pihaknya juga akan menyiapkan beberapa personel di setiap kantor Desa dan Kecamatan.

“Selain itu kami menyiapkan personel di kantor-kantor yang terlibat dan juga memonitor kegiatan atau aktivitas para calon,” katanya.

Polisi pun akan melakukan penyiagaan hingga hari pelaksanaan Pilkades pada tanggal 11 nanti dengan melakukan pengamanan di pemungutan suara.

Adapun untuk satu personel dalam pengamanan nantinya akan sesuai dengan kategori tingkat kerawanan, seperti daerah yang kurang rawan, rawan dan sangat rawan.

“Bisa ada yang satu personil membawahi satu 2 TPS, atau ada 2 personil 2 TPS tergantung bagaimana pola kerawanan masing-masing,” tuturnya.

Kusworo mengungkap saat ini sendiri ada beberapa titik kerawanan dalam beberapa wilayah, namun kerawanan di sini bukan rawan konflik melainkan kondisi geografis.

“Untuk saat ini insha Allah masih aman, mudah-mudahan aman,” katanya

Dirinya pun berharap emua calon Kepala Desa yang berkontestasi agar tetap menjaga kondusifitas.

“Kami harapkan dari para calon kades agar menjaga kondusifitas, menang secara bermartabat, tidak terpilih secara terhormat,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan