3 Cara Agar Tetap Tenang Meskipun Sedang Stres

JABAR EKSPRES- Setiap hari, kita sering dihadapkan pada pemicu yang dapat membuat kita merasa kehilangan kendali. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari cara agar tetap tenang meskipun sedang stres.

Tubuh manusia telah dirancang untuk merespons atau mengatasi pemicu stres. Pada dasarnya, semua yang kita lakukan saat merasa stres dapat mengurangi ketenangan.

Dengan melatih tubuh dan pikiran kita untuk tetap tenang, kita memperoleh pengetahuan berharga dan keterampilan psikologis.

Kiat-kiat ini bukanlah solusi permanen untuk mengatasi tingkat stres, tetapi mereka merupakan langkah pertama yang sebaiknya dicoba saat kita merasa terpapar stres.

 

Tiga Tips untuk Tetap Tenang dalam Menghadapi Stres

Berbicara pada diri sendiri dan bersikap praktis

Menurut pendekatan terapi yang dikenal sebagai Terapi Perilaku Kognitif (CBT), banyak masalah kesehatan mental berasal dari pikiran yang tidak rasional. Pikiran ini terus-menerus memengaruhi perasaan kita, yang akhirnya memengaruhi perilaku kita.

Ini adalah siklus berbahaya, dan cara kita berbicara pada diri sendiri sangat memengaruhi hal ini. Untuk mengontrol momen dan tetap tenang dalam situasi stres, ubah cara berbicara Anda.

Sebagai contoh, katakan kepada diri Anda, “Saya bisa mengatasi situasi ini,” daripada mengatakan, “Ini adalah bencana total.” Terkadang, lebih baik bersikap praktis daripada terlalu emosional.

 

Baca juga: Segera Tayang di Platform Streaming Online, Ini Fakta Menarik Loki Season 2 Ada Karakter Baru!

Baca juga: Manfaat Anggur Hijau untuk Kesehatan tubuh, Simak di Sini!

 

Luangkan waktu untuk diri sendiri

Bahkan orang dewasa pun membutuhkan waktu untuk sendiri atau istirahat sesekali. Jika Anda merasa bahwa situasi atau pengalaman tertentu sangat memicu atau memberatkan, penting untuk mengambil waktu istirahat.

Mungkin Anda bisa berjalan-jalan atau menjauh dari situasi tersebut, bahkan jika atasan Anda tengah marah-marah. Melindungi diri sendiri dan menjaga ketenangan adalah hal yang perlu Anda lakukan.

 

Praktikkan teknik visualisasi

Teknik visualisasi dapat sangat membantu dalam membawa perasaan positif saat itu juga. Otak kita cenderung lebih responsif terhadap informasi negatif, yang seringkali terasa lebih kuat daripada informasi positif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan