Rajin Minum Teh Hitam Bisa Kurangi Resiko Kena Diabetes Tipe 2

JABAR EKSPRES- Teh memiliki manfaat kesehatan, termasuk kemampuannya dalam melawan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker.

Para peneliti, yang mempresentasikan hasil studi mereka dalam pertemuan tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes di Hamburg, Jerman, telah menemukan bahwa minum teh hitam secara rutin dapat mengurangi risiko seseorang terkena diabetes hingga hampir setengahnya.

Untuk mencapai temuan ini, peneliti melibatkan 1.923 orang dewasa dari delapan provinsi di Tiongkok. Dari jumlah tersebut, 436 peserta telah menderita diabetes, 352 lainnya memiliki pradiabetes, dan sisanya memiliki kadar glukosa darah yang normal.

Mereka mengamati seberapa sering dan jenis teh yang dikonsumsi oleh partisipan tersebut. Hasilnya menunjukkan bahwa individu yang minum teh hitam setiap hari memiliki risiko 53 persen lebih rendah untuk mengalami pradiabetes dan 47 persen lebih rendah untuk terkena diabetes tipe-2 dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah minum teh.

Diabetes tipe-2 terjadi ketika sel-sel dalam tubuh mengalami resistensi terhadap insulin, yaitu kondisi di mana sel-sel tidak merespons insulin secara normal.

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengatur kadar gula darah. Pradiabetes, di sisi lain, adalah kondisi di mana kadar gula darah seseorang lebih tinggi dari normal tetapi belum mencapai ambang batas yang menandakan diabetes.

Baca juga: Wow Lagi Trendi! Kulit Wajah Putih Instan dalam Sekejap Pakai Minyak Zaitun dan Jeruk Nipis

Baca juga: Manfaat Buah Apel: Khasiatnya yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

Hasil penelitian ini mengaitkan manfaat perlindungan terhadap pengelolaan gula darah dengan kebiasaan minum teh.

Peneliti menjelaskan bahwa temuan mereka mengindikasikan efek perlindungan yang berasal dari kebiasaan minum teh terhadap pengelolaan gula darah, yang mungkin disebabkan oleh peningkatan ekskresi glukosa melalui urine, peningkatan resistensi insulin, dan akibatnya, pengendalian gula darah yang lebih baik.

Menurut peneliti, manfaat terbesar terlihat pada individu yang minum teh hitam setiap hari. Mereka mengungkapkan bahwa rahasia di balik pengendalian metabolisme yang lebih baik terletak pada fermentasi mikroba yang terjadi pada teh hitam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan