Sungai Ciesek Bogor Tercemar, Bak Jadi Septic Tank Restoran dan Wisata

BOGOR, JABAR EKSPRES – Sungai Ciesek yang berada di Desa Cipayung Datar, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor kondisinya sangat memprihatinkan.

Dari pantauan Jabar Ekspres di lapangan, Sungai Ciesek seolah menjadi septic tank besar sebagai lokasi pembuangan bermacam jenis limbah dan sampah.

Menurut kesaksian warga dan para pemancing ikan di Desa Cipayung, mereka kerap menyaksikan pembuangan limbah cair ke Sungai Ciesek.

“Limbahnya berupa bekas makanan, berminyak, serta detergen karena berbusa,” ucap warga sekitar Udung kepada media, Rabu 4 Oktober 2023.

Limbah-limbah tersebut dibuang langsung ke sungai melalui gorong-gorong yang berasal dari belakang restoran, hotel, tempat wisata, maupun vila-vila yang berdiri di tepi Jalan Raya Puncak.

BACA JUGA: Villa Liar di Puncak Bogor, DPRD: SIKAT!!!

“Kalau hari-hari biasa, limbah dibuang ke sungai antara jam 9 pagi dan 3 sore dan malam hari,” tambahnya.

Akibatnya, sebagaian warga yang biasanya mandi ke sungai Ciseek, kini tak ada lagi karena banyak limbah dan bau tak sedap.

“Ga ada lagi sekarang yang berani mandi, nyuci, dan wudhu di Sungai Ciesek karena bau dan sering gatal-gatal. Para pemancing juga pindah spotnya ke atasnya lagi. Karena kalau limbahnya sedang dibuang, banyak ikan-ikan loncat-loncat tanda terganggu limbah,” ucapnya.

Diketahui, limbah cair di Sungai Ciesek terlihat mulai dikotori sampah plastik dan sampah rumah tangga yang banyak mengangkut di batu-batu, ranting, dan tebing sungai. (SFR)

BACA JUGA: Makin Mengenaskan! Pemerintah Diminta Tegas Soal Kondisi Sungai Cileungsi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan