Imbas Gunung Salak Terbakar, 1 Hektare Lahan Jadi Korban

JABAR EKSPRES – Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) mengalami kebakaran sekitar pukul 13.05 WIB (menurut versi humas TNGHS) pada Senin 2 Oktober 2023, yang diberitakan sebelumnya oleh Jabar Ekspres versi keterangan saksi sekitar pukul 14.30 WIB.

Kebakaran tersebut terjadi di area Pengelolaan Taman Nasional Wilayah (PTNW) Kawah Ratu, hal itu diungkap oleh Erlan selaku humas TNGHS, ia menerangkan kronologi kebakaran itu saat di hubungi oleh Jabar Ekspres.

“Iya ada kebakaran di Resort PTNW Kawah Ratu Desa Giri Jaya, sekarang alhamdulillah sudah padam berkat kerjasama petugas BTNGHS, Kepolisian dan masyarakat setempat,” ungkapnya kepada Jabar Ekspres.

Kemudian ia juga menuturkan bagaimana kronologi kebakaran itu terjadi.

BACA JUGA: Gunung Salak Terbakar, Masyarakat: Sepertinya di Pos 1

“Petugas mendapat laporan dari masyarakat sekitar pukul 13.05, lalu tim BTNGHS bergerak melakukan pemadaman yang kemudian dibantu oleh Polsek dan masyarakat setempat,” paparnya.

“Api padam sekitar pukul 14.45. namun demikian tim masih waspada karena dikhawatirkan ada titik api yang belum benar benar padam,” lanjutnya.

Dari kejadian itu, seluas 1 Hektare area TNGHS ikut terbakar. Hingga saat ini, menurut keterangan dirinya, untuk faktor terjadinya kebakaran itu masih belum ditemukan penyebabnya.

Diberikan sebelumnya oleh Jabar Ekspres, informasi kejadian itu berasal dari Dado, salah seorang saksi mata yang mengatakan bahwa api di kaki Gunung Salak tiba-tiba membesar.

“Di Gunung Salak a, Yang pas aku liat, posisi api udah lumayan nyebar, untuk asal muasalnya belum diketahui,” ungkapnya saat dihubungi Jabar Ekspres pada Senin, 2 Oktober 2023. (Mg9)

BACA JUGA: Tantangan Musim Kemarau dan Solusi Melawan Kekeringan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan