Perbaiki Infrastruktur, Pemkab Cirebon Dorong TPI Ender Kembali Optimal

JABAR EKSPRES — Pemerintah Kabupaten Cirebon kembali mengoptimalkan pemanfaatan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Ender Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon.

Upaya optimalisasi TPI Ender tersebut, dilakukan dengan memperbaiki infrastruktur yang ada disekitar TPI, salah satunya adalah jalan.

Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag mengatakan, ada sebanyak 7 TPI di Kabupaten Cirebon, namun mayoritas belum optimal penggunaannya, salah satunya yaitu TPI Ender.

“Nelayan dari Ender dan Pangenan, memilih untuk menjual ikannya ke TPI Gebang,” kata Imron, Rabu 4 Oktober 2023.

Baca juga: Soal Kasus RSUD, Pj Bupati Sumedang Sampaikan Maaf Kepada Masyarakat

Sehingga adanya perbaikan infrastruktur yang ada di TPI, diharapkan bisa kembali dioptimalkan penggunaannya, oleh para nelayan sekitar.

Imron juga melihat potensi yang cukup besar ada di wilayah Ender ini. Diantaranya yaitu potensi garam dan potensi wisata alam. Karena menurutnya, banyaknya rumpon di sekitar TPI Ender, bisa dimanfaatkan untuk pemancingan warga dan lainnya.

“Kalau bisa, disini bisa dijadikan tempat rekreasi, wisata kuliner dan lainnya. Karena tempatnya bagus,” ujar Imron.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Drs. Erus Rusmana, M.Si menuturkan, bahwa dari 7 TPI yang ada di Kabupaten Cirebon, yang paling optimal hanya di TPI Bondet saja.

Ada beberapa alasan, mengapa sejumlah TPI di Kabupaten Cirebon tidak optimal, yaitu dikarenakan sedimentasi yang terjadi di muara sangat tinggi.

“Sehingga sedikit kapal yang bersandar,” kata Erus.

Selain itu, sejumlah infrastruktur di TPI yang ada di Kabupaten Cirebon, memang butuh perbaikan. Ia mencontohkan, sejumlah jalan produksi di TPI yang ada di Kabupaten Cirebon perlu perbaikan.

Sehingga adanya perbaikan dan peresmian jalan di TPI Ender ini, diharapkan bisa kembali mebgaktifkan dan mengoptimalkan TPI di Ender. Pihaknya juga akan mencoba mendorong para nelayan, untuk bisa membentuk koperasi-koperasi.

“Karena dengan adanya koperasi, nanti bisa membantu membiayai dan melayani semua nelayan,” kata Erus.(Mg7)

Baca juga: Hadirkan Paksi Naga Liman, Kirab Budaya di Pasalakan Berlangsung Meriah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan