Masuki Masa Kampanye Pilkades Serentak di Kabupaten Bandung, Camat dan Kapolsek Rancaekek Imbau Agar Pelaksanaan Kondusif

JABAR EKSPRES – Proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat mendekati masa kampanye hingga puncaknya yakni pengambilan suara.

Oleh sebab itu, Camat Rancaekek, Diar Hadi Gusdinar mengimbau, agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan dengan aman lancar dan sukses tanpa ekses.

“Saya meminta supaya masyarakat tidak mudah tergiring opini hingga menimbulkan emosi, terkait pelaksanaan Pilkades,” kata Diar kepada Jabar Ekspres, Rabu (4/10).

“Kami mohon semua pihak untuk bisa menahan diri dan menjaga diri,” tambahnya.

BACA JUGA: Kabupaten Bandung Darurat Kekeringan Akibat Kemarau, 31 Kecamatan Berpotensi Sulit Air Bersih

Diar menilai, pelaksanaan Pilkades bisa berlangsung aman, lancar serta damai apabila sinegritas baik panitia, aparat hingga masyarakat bisa terjalin.

“Deklarasi damai yang dilakukan kemarin di Aula Kecamatan Rancaekek, saya harap harus bisa diterapkan aksinya oleh masyarakat, terutama bagi para tim sukes masing-masing Calon Kepala Desa (Cakades),” ujarnya.

Diketahui, proses pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Bandung, wilayah Kecamatan Rancaekek sedikitnya ada tiga desa yang melangsungkan pesta demokrasi rakyat tersebut.

Adapun tiga desa di Rancaekek yang yang turut serta dalam Pilkades serentak itu, yakni Desa Rancaekekkulon yang diisi 5 Cakades, Desa Bojongsalam tampil 2 calon yang merupakan suami istri serta Desa Nanjungmekar dengan 3 Cakades.

Diar berharap, pelaksanaan Pilkades di Rancaekek tidak menimbulkan perpecahan hingga polemik berkepanjangan.

“Deklarasi kemarin saya harap jangan hanya dikatakan saja tapi dapat diimplementasikan di lapangan,” imbuhnya.

“Mudah-mudahan Pilkades di Rancaekek ini bisa terselenggara secara bersih, aman, lancar dan sukses tanpa ekses,” tukas Diar.

Disamping itu, proses pelaksanaan Pilkades serenyak mulai memasuki masa kampanye oleh setiap Cakades di masing-masing desa, yakni pada 5 sampai 7 Oktober 2023.

Sedangkan untuk 8 sampai 10 Oktober 2023 merupakan masa tenang, hingga pelaksanaan pengambilan suara yakni pada 11 Oktober 2023 mendatang.

BACA JUGA: Pemkab Cirebon Targetkan Tahun 2024 Zero Kemiskinan Ekstrem

Sementara itu, Kapolsek Rancaekek, Kompol Deny Sunjaya mengimbau, agar gelaran Pilkades serentak yang diukuti 3 desa di wilayah hukumnya dapat berjalan aman dan lancar.

“Tiga desa di Kecamatan yang turut serta di Pilkades serentak saat ini sudah siap. Kita berharap, jelang, hari H dan pascapilkades aman, lancar dan sukses tanpa ekses,” ucapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan