Satu Rumah Porak Poranda Akibat Puting Beliung di Bandung Barat

JABAR EKSPRES – Satu unit rumah milik Yudi (45) warga Kampung Rancatiis RT 02 RW 05 Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB) porak poranda setelah diterjang angin puting beliung pada Rabu, (4/10/2023) siang.

Akibat peristiwa itu, Yadi beserta 4 keluarga lainnya terpaksa harus mengungsi setelah bangunan rumah mereka hancur.

“Kami terima laporan mengenai adanya satu unit rumah roboh akibat angin kencang sekitar jam 11.30 WIB. Setelah kita asesmen kondisi rumahnya rusak berat,” ujar Petugas Lapangan BPBD Bandung Barat Rudi Wibiksana.

BACA JUGA: Persoalan Jalan Rusak di Bandung Barat, Harus Viral Dulu Baru Pemerintah Turun Tangan

Saat kejadian, berdasarkan keterangan sejumlah saksi menurut Rudi, angin berputar datang dari arah barat menuju ke timur, dan langsung menghantam pemukiman.

“Berdasar keterangan tetangga rumah terdampak, saat kejadian saksi sedang berada di sekitar rumah korban. Tiba-tiba terjadi angin kencang dari arah barat menuju ke timur,” kata Rudi.

“Angin berputar di sekitar rumah korban dan menerjang bangunan. Sehingga atap rumah milik bapak Yudi ambruk, diikuti dengan dinding rumah yang juga ikut roboh,” imbuhnya.

Angin puting beliung itu pertama-tama memporak-porandakan bagian atap rumah, namun tak berselang lama dinding rumah tak kuat menahan angin kencang sehingga material rumah ambruk dan menimpa barang-barang di dalamnya.

BACA JUGA: Ular Sanca Sepanjang 2,8 Meter Masuk Rumah Gegerkan Warga Cimahi Utara

“Setelah rumah ambruk, saksi langsung lapor ke aparat kewilayahan desa dan Kecamatan. Selanjutnya bersama warga sekitar petugas membantu evakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan,” sebut Rudi.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja pemilik rumah mengalami kerugian material akibat kerusakan bangunan rumah berukuran 6×8 meter persegi.

“Tidak ada korban jiwa. Penghuni rumah jumlahnya 4 orang, mereka terpaksa harus mengungsi ke rumah saudaranya,” tandasnya. (Mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan