Pengiriman Sampah Kabupaten Bandung ke TPAS Sarimukti Dihentikan Sementara, DLH Sebut Siapkan Siasat Penanganan

JABAR EKSPRES – Darurat sampah di wilayah Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat semakin serius, sebab penumpukan kian bertambah.

Pasalnya, pengiriman sampah ke TPAS Sarimukti di KBB itu, dari Kabupaten Bandung sejak Senin, 2 Oktober 2023 kemarin, sampai hari ini dihentikan sementara.

Ketika dikonfirmasi, Kepala UPT Kebersihan DLH Kabupaten Bandung wilayah Timur, Rana Supriatna membenarkan, jika pembuangan sampah ke zona darurat TPAS Sarimukti dihentikan sementara.

“Penghentian sementara. Untuk bisa kembali pengiriman ke TPAS Sarimukti, terutama ke zona dua yang sempat terbakar, perlu proses assesment para ahli,” kata Rana melalui seluler, Selasa (3/10).

BACA JUGA: Pengiriman ke TPAS Sarimukti Dihentikan Sementara, Tumpukan Sampah Siap Hiasi Kabupaten Bandung Selama 3 Pekan

Menurutnya, pengambilan keputusan terkait pengiriman kembali sampah ke TPAS Sarimukti tak bisa sembarangan, maka pihaknya menargetkan kabar terbaru pengangkutan ritase bisa kembali operasionalnya sekira 25 Oktober 2023 mendatang.

“Pembuangan sampah dari Kabupaten Bandung distop sementara ke zona darurat TPAS Sarimukti sejak 1 Oktober kemarin,” ujarnya.

Rana menjelaskan, pembuangan sampah dari Kabupaten Bandung ke TPAS Sarimukti dihentikan sementara, karena pembuangannya memang sudah habis bahkan melebihi kuota ritase.

“Pembuangan sampah dari Kabupaten dengan kuota 740 ritase yang terbuang 760 ritase,” jelasnya.

Rana mengingatkan, agar masyarakat bersiap menghadapi hambatan dalam penarikan sampah, dengan estimasi sekira sampai tiga pekan ke depan.

“Kami minta maklum, dua atau tiga pekan pelayanan penarikan sampah terhambat,” imbuhnya.

Dihentikannya sementara pengiriman sampah dari Kabupaten Bandung ke TPAS Sarimukti, berdampak terhadap pelaksanaan operasional di lapangan.

Adapun hambatan yang dirasakan, yakni truk-truk pengangkut sampah dari Kabupaten Bandung yang siap meluncur menuju TPAS Sarimukti, terpaksa para sopir balik kanan dan kembali membawa sampah karena ditutup.

BACA JUGA: Enggan Timbul Kericuhan, Kecamatan Rancaekek Bandung Lakukan Deklarasi Damai Pilkades Serentak

Truk-truk yang sudah terisi sampah tersebut, sekarang posisinya tengah tersimpan di garasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Cataliktik, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Oleh sebab itu, Rana mengaku bahwa pihaknya sudah melakukan upaya untuk penanganan sementara terkait dihentikannya pengiriman sampah ke TPAS Sarimukti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan