Percepatan Penurunan Kabel Udara di Bandung

JABAR EKSPRES – Penurunan dan perapian kabel udara yang kurang rapi di beberapa ruas jalan Kota Bandung terus dilakukan. Terlebih yang menjuntai, dianggap dapat membahayakan keselamatan masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan Ahmad Brilyana mengungkapkan, percepatan penurunan kabel harus dilakukan untuk menghadirkan keamanan dan kenyamanan kota.

BACA JUGA: Pengiriman ke TPAS Sarimukti Dihentikan Sementara, Tumpukan Sampah Siap Hiasi Kabupaten Bandung Selama 3 Pekan

Menurut Yayan, pihaknya mempunyai dua strategi. Diantaranya menurunkan kabel udara bila ducting tersedia di ruas jalan tersebut, serta melakukan perapian di seluruh ruas jalan di Kota Bandung.

“Kenapa kami konsen? Karena di beberapa kota lain terjadi kecelakaan akibat kabel FO,” ungkap Yayan usai penurunan kabel di Jalan Riau, Selasa (3/10).

Dirinya menjelaskan bahwa upaya Pemkot Bandung itupun, disambut baik seluruh stakeholder telekomunikasi atau operator menyoal penurunan kabel tersebut.

“Terpenting kami ‘step by step’-nya jelas normalisasi di bawah, sambungkan di bawah, sambungkan ke pelanggan setelah itu kita potong, gulung. Dan tiangnya kita potong,” jelasnya.

BACA JUGA: Menengok Dalam Rumah Deret Tamansari yang Belum Juga Bisa Dihuni

Setelah penurunan selesai, pihaknya bakal melanjutkan dengan pemotongan tiang. Diantaranya seperti yang terjadi di ruas Jalan Riau. Tercatat ada 150 tiang yang akan ditertibkan.

“Kita bayangkan tidak ada kabel dan tiang ini indah bagus. Sekali lagi kami konsen untuk menjaga keamanan kenyaman dan estetika kota,” imbuh Yayan.

“Kami maksimalkan 13 ruas jalan setelah ini kami lakukan lagi di ruas jalan lainnya. Kami paralel kerjakan,” pungkasnya. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan