Cara Mengenali Potensi Dalam Diri Anak yang Kadang Tidak Disadari Orang Tua

JABAR EKSPRES – Setiap anak memiliki keunikannya sendiri, dan setiap keunikan ini bisa jadi merupakan bakat terpendam yang dimiliki anak, dimana pasti berbeda-beda pada setiap anak. Karenanya orang tua harus tahu cara mengenali potensi yang ada dalam diri anaknya.

Setiap anak memang memiliki potensi yang berbeda, demikian juga waktu munculnya potensi tersebut tidak akan sama pada setiap anak, sehingga orang tualah yang harus mencoba mencari tahu.

Menurut praktisi parenting Pathah Pajar Mubarok, dalam sebuah seminar parenting berjudul “Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Potensi Anak,” di SDN 159 Sekejati pada Selasa (3/10), dijelaskan bagaimana cara untuk mengenali potensi yang ada dalam diri anak.

Anak memiliki potensi bisa dari dua sumber, yakni potensi ability atau bawaan dan potensi dari hasil belajar.

Jika memiliki potensi bawaan, maka orang tua hanya tinggal memberikan fasilitas untuk terus mengasah potensinya menjadi prestasi.

“Tugas orangtua adalah memfasilitasi pengembangan potensi anaknya,” ujarnya di dihadapan ratusan audiens tersebut.

Baca juga : Cara Mengenali Potensi Diri untuk Menentukan Jenis Pekerjaan yang Cocok

Sedangkan potensi dari hasil belajar bisa muncul setelah anak mencoba dan mengembangkan minat secara terus menerus hingga menjadi sebuah potensi. Pathah mencontohkan potensi dari hasil belajar ini seperti kemampuan seorang dokter yang didapat dari hasilnya belajar di kampus.

Untuk mengenali potensi yang ada dalam diri anak, dia memaparkan bisa dengan menggunakan beberapa cara, diantaranya :

– Ketika melihat anak senang dan menikmati aktifitas yang bisa tekuninya

Ketika anak terlihat senang dalam melakukan aktifitas yang kita nilai sebagai hobinya bisa jadi itu merupakan potensinya. Karena anak tidak terpaksa dalam menjalaninya.

Baca juga : 10 Makanan Kecerdasan, Tingkatkan Potensi Otak Anda Melalui Pilihan Makanan Sehat!

– Anak lebih cepat dalam memahami

Seorang anak akan menunjukkan ketertarikannya dengan cepat memahami aturan atau penjelasan yang diberikan mentornya dalam emalkukan aktifitas yangs edang ditekuninya.

– Teori Sidik Jari

Meski masih banyak yang tidak percaya, namun menggunakan sidik jari untuk melihat potensi anak juga bisa dilakukan. Namun yang terdeteksi dari alat ini adalah potensi ability atau potensi bawaan anak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan