Tok! DPRD Kota Bogor Setujui Rancangan APBD-Perubahan 2023, Minta Pemkot Bogor Tingkatkan Pendapatan

JABAR EKSPRES – DPRD Kota Bogor resmi menyetujui Rancangan APBD-Perubahan 2023 yang diajukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor pada Rapat Paripurna akhir pekan lalu.

Persetujuan ini diambil setelah DPRD Kota Bogor melakukan pembahasan Rancangan APBD-Perubahan yang menghasilkan beberapa catatan untuk Pemkot Bogor.

Wakil Ketua I DPRD Kota Bogor, Jenal Mutaqin menyampaikan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Bogor meminta Pemkot Bogor untuk memaksimalkan kenaikan pendapatan yang telah disetujui sebesar Rp49,474 miliar yang terdiri dari kenaikan pajak sebesar RpRp36,619 miliar, Retribusi Daerah Rp200 juta dan lain pendapatan asli daerah (PAD) yang sah sebesar Rp18 miliar.

BACA JUGA: Pemkab Bogor dan DPRD Sepakati APBD Perubahan TA 2023

“Banggar DPRD Kota Bogor meminta kepada TAPD Kota Bogor untuk optimis merealisasikan capaian target pendapatan daerah sampai akhir tahun 2023,” ujar Jenal dikutip Senin, 2 Oktober 2023.

Lebih lanjut, Jenal menyampaikan Banggar DPRD Kota Bogor dan TAPD Kota Bogor menyepakati pemulihan beberapa pos belanja daerah, diantaranya belanja tidak terduga, alokasi anggaran untuk insentif atlet berprestasi, dan beberapa belanja wajib dan mendesak terutama berkaitan dengan pelayanan dasar ke Masyarakat.

“Banggar DPRD Kota Bogor meminta kepada TAPD Kota Bogor untuk memastikan seluruh kegiatan prioritas agar tetap dianggarkan dalam APBD perubahan 2023, dan tidak dilakukan rasionalisasi anggaran,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya menyampaikan Rancangan APBD-Perubahan 2023 yang disepakati memiliki rincian Pendapatan Daerah sebesar Rp3,049 triliun dengan uraian PAD sebesar Rp1,403 triliun dan Pendapatan Transfer Rp1,646 triliun.

Untuk belanja daerah disepakati sebesar Rp3,139 triliun, pembiayaan Netto sebesar Rp89,222 miliar yang terdiri dari Penerimaan Pembiayaan sebesar Rp166,855 juta dan Pengeluaran Pembiayaan sebesar Rp77,632 miliar.

BACA JUGA: Peringatan G30SPKI, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Berikan Pesan Ini untuk Anak Muda

Bima menyampaikan hal-hal yang menjadi perhatian dalam Rancangan APBD-Perubahan 2023 diantaranya adalah Pemerintah Kota Bogor memulai APBD 2023 dengan kondisi defisit 113 Miliar Rupiah pada SILPA Tahun Anggaran 2022. Disamping itu, Pemkot Bogor dan DPRD Kota Bogor sudah membahas dengan melakukan evaluasi Belanja Daerah berdasarkan prioritas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan