Kronologis Pejabat Pemkot Bandung Dapat Fasilitas Mewah ke Thailand

Total keberangkatan jumlahnya sebanyak 12 orang dengan rincian 10 pejabat Pemkot Bandung dan dua orang lagi merupakan istri dan anak Yana Mulyana.

BACA JUGA: JPU KPK Akan Bongkar Aliran Dana Fee Proyek di Dishub

Adapun 10 orang yang berangkat ke Thailand itu di antaranya Kepala Dinas Konmunikasi dan Informasi Kominfo Yayan A. Brilyana, Dadang Darmawan mantan Kadishub, Khairur Rijal mantan Sekdishub, Ade Surya, dimas Sodik, Andri Sijabat, Indra Arif.

Dari pihak yang bukan pejabat Pemkot Bandung adalah Yunimar Istri Yana Mulyana dan anak, Benny Dirut PT SMA dan Andreas Guntoro.

Sementara itu, terkait perjalanan ke Thailand ini, Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna pernah bersaksi pada sidang sebelumnya.

Ema mengaku pernah membuat surat pengantar untuk perjalanan ke Thailand yang ditujukan untuk meminta izin ke Kemeterian Dalam Negeri (Kemendagri).

BACA JUGA: Kasubbag Keuangan Mengaku Kumpulkan Fee Proyek Atas Perintah Ricky Gustiadi

‘’Surat pengatar tersebut dibuat atas perintah langsung dari Yana Mulyana,’’ kata ema dala kesaksian dipersidangan pada (9/8) lalu.

Mendapat pengakuan itu, Majelis Hakim Hera Kartiningsih menegaskan bahwa Ema Sumarna mengetahui perjalanan ke Negeri Gajah Putih itu.

Kemudian Ema mengatakan bahwa surat pengantar tersebut merupakan permohonan izin untuk Kemendagri.

Ema juga mengaku, Kemendagri tidak memberikan izin atas rencana perjalanan Yana Mulyana dan para pejabat tersebut ke Thailand.

BACA JUGA: Ricky Gustiadi Mantan Kadishub Mengaku Kumpulin Duit untuk Ormas dan LSM!

Majelis Hakim Hera kemudian mengingatkan kepada Ema yang waktu itu menjabat Sekda sudah seharusnya memberikan peringatan agar tidak berangkat ke Thailand.

“Saudara kan paling tidak apa gak bisa mengingatkan kepada Yana Mulyana dan kawan-kawan, ini izin sudah turun atau belum. Kok tiba-tiba berangkat ke Thailand,” ucap Hera

Mendengar sanggahan dari Majelis Hakim, Ema beralasan sudah berikan teguran secara lisan kepada para pejabat Pemkot Bandung.

Akan tetapi teguran yang diberikan tersebut setelahpara pejabat berangkat ke Thailand. (san/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan