Cara Membangun dan Mempertahankan Kebiasaan Hidup Sehat

JABAR EKSPRES – Mempertahankan kebiasaan sehat sangat penting untuk kesehatan fisik, mental dan emosional. Meskipun lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, menciptakan kebiasaan sehat seumur hidup dapat menjadi hal yang penting dalam mencegah masalah kesehatan di masa depan.

Kebiasaan membutuhkan waktu untuk terbentuk. Kita juga tahu bahwa kebiasaan membentuk sikap, tindakan, dan kemampuan mengambil keputusan. Namun dengan alat, sumber daya, dan pola pikir dengan pola pikir yang benar, Anda dapat mengendalikan hidup Anda.

Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu menunggu hingga tahunan untuk membuat resolusi. Baik itu tujuan kebugaran baru, kebiasaan makan, atau jadwal tidur yang lebih baik, berpegang teguh pada suatu tujuan sangatlah penting untuk menjadikannya bagian rutin dari gaya hidup Anda.

5 Cara Hidup Sehat

1. Ketahui mengapa Anda ingin berubah

Banyak orang tidak tahu harus mulai dari mana ketika ingin mengubah kehidupan sehari-hari. Tentukan mengapa Anda ingin menerapkan kebiasaan sehat. Apa pun yang terjadi, memahami “mengapa” dapat memotivasi Anda. “Langkah pertama untuk mengubah perilaku Anda adalah dengan meningkatkan kesadaran akan apa yang Anda lakukan secara rutin,” kata Lisa Marsch, pakar perubahan perilaku di Dartmouth College, National Institutes of Health, melansir dari laman deseret.

Anda mesti mencari pola perilaku dan penyebab kebiasaan tidak sehat yang ingin Anda ubah.

Marsch menambahkan, jika ingin menghentikan pola tidak sehat, lakukan hal-hal yang dapat menghentikan kebiasaan tersebut. Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu menonton TV, rencanakan jalan-jalan bersama teman agar Anda tidak perlu melarikan diri.

Dengan menghilangkan kebiasaan tidak sehat dalam hidup Anda, Anda memberi diri Anda lebih banyak kesempatan untuk menciptakan kebiasaan sehat.

2. Tetapkan tujuan yang realistis

Katakanlah Anda ingin mulai berlari. Mendaftar untuk setengah maraton sebulan sebelumnya bukanlah jawabannya, tetapi mendaftar untuk lomba enam bulan sebelumnya mungkin adalah solusinya.

Mulailah dengan tujuan kecil yang mudah dicapai untuk meningkatkan peluang kesuksesan Anda.

3. Ciptakan kebiasaan

Konsistensi adalah kuncinya. Memiliki rutinitas yang teratur dapat membantu membentuk kebiasaan hingga menjadi kebiasaan. Tentukan waktu terbaik untuk menerapkan kebiasaan tertentu, seperti berolahraga di pagi hari atau bermeditasi di malam hari.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan