Melihat Potensi Ekonomi Kawasan Bandung Timur

JABAREKSPRES – Dulu pada 2016 silam, ketika Ridwan Kamil jadi Wali Kota Bandung pernah punya rencana ingin memindahkan pusat pemerintahan Kota Bandung ke wilayah Bandung Timur.

Meski rencana ini belum terwujud, Ridwan Kamil sebagai ahli tata kota beranggapan kawasan Bandung Timur memiliki potensi ekonomi tinggi.

Kemudian setelah Ridwan Kamil jadi Gubenur Jawa Barat, wacana itu kembali mencuat. Ridwan Kamil waktu itu menginginkan, pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat akan pindah. Salah pilihannya ada di Bandung Timur. Wilayah Tegalluar akan dijadikan pusat Pemerintahan Provinsi Jawa Barat kala itu.

Melihat keinginan Ridwan Kamil ini bukan tanpa alasan. Sebab, sebagai ahli tata kota, Ridwan Kamil pasti mengetahui mengenai potensi ekonomi dan nilai strategis kawasan itu.

Menelisik rencana ini, saat ini pertumbuhan kawasan pemukiman, perkantoran, Industri dengan dukungan saranan transportasi sudah semakin banyak.

Pengamat Ekonomi UIN Bandung Dr, Setia Mulyawan memprediksi kawasan di wilayah Bandung  bagian Timur ini akan jadi episentrum ekonomi baru.

Menurutnya keberadaan Stasiun Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di Tegalluar sebagai bukti bawa kawasan ini akan mengalami perkembangan pesat.

Setia mengatakan, berdasar proyeksi teoritis, hadirnya simpul pertumbuhan di masyarakat bakal memberikan dampak secara khusus terhadap wilayah di sekitar simpul tersebut.

Hadirnya stasiun KCJB itu bakal menumbuhkan geliat ekonomi di sekitarnya. Seperti pembangunan infrastruktur ataupun suprastrukut penunjang.

“Jadi prediksi kami Bandung Timur bakal jadi episentrum baru,” cetus setia.

Menurutnya, beberapa sarana penunjang yang akan ikut tumbuh, kini sudah tampak dengan dukungan pemerintah pusat mapun daerah.

Dukungan pemerintah dengan membangun akses jalan tol Cileunyi- Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan menjadikan wilayah ini akan semakin menggeliat.

Tol Cisumdawu merupakan akses utama menuju Bandara Kertajati yang dalam waktu dekat akan beroperasi penuh.

Selain itu dukungan pemerintah lainnya adalah pembangunan Jalan Tol Garut, Tasikmalaya-Cileunyi (Getaci).

Bahkan, kabarnya pembangunan tol ini akan dilanjutkan sampai menembus Cilacap Jawa Tengah.

Tol Getaci ini titik masuk utamanya ada di Cileunyi. Sehingga dapat dipastikan kawasan di Bandung Timur seperti Gedebage, Cibiru, sampai Rancaekek akan menggeliat dengan cepat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan