Pembangunan Monumen Pencak Silat Cimande Masih Terbentur Lahan, Ini Kata Disparbud

BOGOR, JABAR EKSPRES – Rencana Pembangunan Monumen Pencak Silat di Cimande, Kabupaten Bogor hingga kini masih belum dapat direalisasikan. Pasalnya, hingga kini Dinas Pariwisata Kabupaten Bogor belum menemukan titik yang pas untuk pembangunan Monumen Pencak Silat tersebut.

Kepala Disparbud Kabupaten Bogor, Deni Humaedi menjelaskan, pembangunan monumen tersebut masih terkendala dengan lahan.

“Ya masih, kita masih nyari lahan yang pas, yang ada itu kan lokasi tanah-tanah tol. Kalo PUPR disitu sudah tidak ada lahan,” kata Deni Humaedi kepada Jabar Ekspres, Jumat 22 September 2023.

Rencananya pembangunan Monumen Pencak Silat itu akan dibangun disebarang pintu keluar tol Caringin.

“Saya sudah konfimasi ke pusat, tadinya mau di sebrang tol Caringin itu , ternyata cek di kementerian sudah tidak ada lahan dengan pelebaran. Kita cari alternatif lagi, tapi pastinya deket tol itu di Kecamatan Caringin,” paparnya.

Diketahui, Pencak silat aliran Cimande ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud) RI melalui sidang penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia tahun 2022.

BACA JUGA: Telan Biaya Hingga Rp10 Triliun! Pembangunan Patung Soekarno di Bandung Dimulai Tahun Depan

Penetapan itu disampaikan melalui zoom meting oleh direktur Jenderal kebudayaan Kemendikbud RI pada tanggal 21 Oktober 2022 lalu, yang diikuti oleh sesepuh pelestarian pencak silat Cimande yakni Ki Didih dan Ki Darma.

Sebanyak 19 baik budaya maupun kuliner Jawa Barat ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda termasuk pencak silat aliran Cimande dengan domain Tradisi Lisan dan Ekspresi.

Guna mengapresiasi pencak silat aliran Cimande yang sudah ditetapkan WBTB. Disparbud Kabupaten Bogor akan terus mendukung dan mendorong pembangunan Monumen Pencak Silat Cimande.

“Monumen pasti dibangun. Kita sudah mengusulkan nanti yang bangun DKPP dan lainnya. Kita ingin mengapresiasi, tapi harus mateng juga konsepnya,” tutupnya.

Sementara itu, Camat Caringin, Endi Rismawan berencana mendorong pemerintah Kabupaten Bogor guna membangun Monumen Pencak Silat di daerah Caringin yang dekat dengan Desa Cimande.

BACA JUGA: GERAK Jabar Protes Pembangunan Patung Bung Karno di GOR Saparua

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan