Ini 7 Penyebab Trafik Website Turun! Cek Apa Menimpa Kita

 

 

JABAR EKSPRES – Bagi pengelola situs web, entah itu website institusi atau lembaga maupun situs website produk baik industri rumahan atau industri besar terkadang menjumpai trafik website yang menurun. Dengan penurunan trafik tentunya akan merugikan bagi pemilik web, karena akan mempengaruhi bisnisnya baik secara langsung maupun tidak langsung akibat dari performa turun tadi.

Nah, memang banyak faktor yang paling dominan dalam turunnya trafik website tersebut baik secara teknis maupun non teknis. Berikut akan dipaparkan beberapa faktor yang dapat menyebabkan penurunan lalu lintas (trafik) pada sebuah website. Setidaknya penulis merangkum dan ada tujuh poin yang bisa menyebabkan website turun.

  1. Perubahan algoritma mesin pencari.

Jika algoritma mesin pencari utama seperti Google mengalami update, peringkat website Anda dalam hasil pencarian dapat terpengaruh dan mengakibatkan penurunan lalu lintas. Tidak bisa dipungkiri, hampir sebagian website di Indonesia sangat bergantung pada mesin pencari utama yakni Google. Google sangat konsern terhadap dunia teknologi digital dunia saat ini, semua akses digital akan bergantung pada perusahaan raksasa yang berbasis di US ini, sehingga apapun perubahan algoritma akan merubah akses digital kita di dunia maya. Jadi baiknya kita mengikuti perubahan yang diterapkan Google tersebut sehingga penyesuaian yang dijadikan panduan oleh pihak Google maka akan menstabilkan trafik website kita.

  1. Kesalahan teknis pada website.

Kesalahan seperti server down, load time yang lambat, atau error halaman dapat membuat pengunjung meninggalkan website Anda, menyebabkan penurunan trafik. Segi teknis ini yang perlu diperhatikan betul oleh para pengelola website dan pendukungnya. Karena jelas, jika website tidak bisa diakses oleh pengguna yang diakibatkan teknis tadi maka, user atau pengguna akan berkurang karena kebutuhan akan informasi yang diharapkan dari website bersangkutan sertamerta akan ditinggalkan karena tidak adanya informasi yang didapat.

  1. Kurangnya konten yang relevan.

Jika konten yang ada pada website Anda tidak cukup relevan atau menarik bagi pengunjung, mereka mungkin tidak kembali ke website Anda atau membagikannya kepada orang lain. Kebutuhan akan konten yang menarik memang wajib, tapi untuk konten-konten yang relevan dengan website yang dikelolah oleh Anda perlu ada korelasi. Karena harapan besar pengguna untuk menggali informasi yang benar dan update dari produk website anda sangat dibutuhkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan