6 Menu Wajib Nasi Jamblang Yang Melegenda

Penikmat Kuliner Akan Terasa Lengkap

Editor:

 

JABAR EKSPRES – Kuliner khas Nasi Jamblang asal Cirebon yang melegenda memang menjadi keunikan tersendiri. Kuliner yang mengambil nama dari salah satu Kawasan Kecamatan  Jamblang  di Kabupaten Cirebon dengan ciri khas nasi yang disantap dengan beralaskan daun pohon jati tersebut  di setiap penjajanya akan terlihat sama menu yang disajikan walaupun cara memasaknya semakin bervariasi.

Tapi, apakah yang menjadi menu wajib Nasi Jamblang sehingga bagi penikmat kuliner ini keharusan dan akan terasa lengkap serta gugur kewajibannya jika sudah menikmati kuliner khas yang melegenda tersebut? Berikut menu wajibnya.

  1. Nasi

Namanya juga kuliner Nasi Jamblang, jadi sudah barang tentu menu nasi sudah menjadi absolut untuk penikmat kuliner yang akan menikmatinya baik itu untuk sarapan pagi, makan siang atau pun makan malam.

Nasi putih yang dibungkus daun pohon jati akan terasa nikmat disantap jika sebelumnya sudah padat dikemas dalam balutan daun tersebut. Nasi pulen akan semakin enak disantap jika sudah bercampur dengan aneka lauk wajibnya.

  1. Sambal Goreng

Tidak akan lengkap mendekati sempurna jika Nasi Jamblang yang sudah kita pesan dan siap disantap tanpa adanya sambal goreng. Sambal goreng yang disajikan pedagang Nasi Jamblang biasanya diwadahi daun pisan dibentuk kecil yang kalau takaran penyajian biasanya dihitung satuan. Sambal goreng nan merah itu biasanya mengandung minyak sehingga akan terasa meleleh jika dicampur pada nasi yang akan disantap. Satu bungkus biasanya kurang “nendang” terkadang untuk melengkapi rasa pedas dan nikmat dua bungkus akan berasa di lidah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *