Tingkatkan Minat Baca, Dispusip Kabupaten Bandung Hadirkan Perpustakaan Keliling

JABAR EKSPRES – Antusias puluhan siswa Sekolah Dasar di dekat Kantor Desa Cikoneng, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung terlihat usai hadirnya perpustakaan keliling dalam kegiatan Rembug Bedas, diparkirkan di depan kantor desa, Rabu 20 September 2023.

Perpustakaan keliling ini merupakan program untuk meningkatkan minat baca buku yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Bandung.

Berbagai jenis buku bacaan yang berisi edukasi untuk menambah wawasan para siswa disuguhkan dalam perpustakaan keliling ini.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna yang hadir pada kegiatan ini sempat melakukan komunikasi dengan para siswa SD, dan bertanya apakah ada yang tahu tentang tiga muatan lokal dalam bidang pendidikan.

“Tiga muatan lokal itu yakni pendidikan pancasila dan UUD 1945, pendidikan bahasa dan budaya Sunda, dan belajar membaca dan menghafal Alquran,” ujar salah satu siswa SD tersebut.

BACA JUGA: Bawaslu Kabupaten Bandung Antisipasi Media Sosial Sebagai Sarana Kampanye Hitam

Di tempat yang sama, Kepala Dispusip Kabupaten Bandung, Teguh Purwayadi mengatakan, bahwa kehadiran mobil perpustakaan keliling pada setiap kegiatan ini merupakan salah satu program prioritas Dispusip dalam upaya meningkatkan indeks minat membaca dan menulis bagi masyarakat Kabupaten Bandung,

Khususnya bagi anak-anak sekolah atau pelajar yang menjadi harapan pemimpin masa depan bangsa dan negara.

“Kita datang ke desa-desa, dalam rangka kegiatan Rembug Bedas Pak Bupati Bandung. Dengan harapan para pelajar maupun anak-anak sekolah serta masyarakat ini mampu dan bisa meningkatkan minat bacanya,” ujar Teguh saat ditemui, Rabu (20/9/2023).

Menurutnya, dengan adanya berbagai fasilitas buku yang disiapkan itu, nantinya dapat terlihat indeks minat baca atau literasi masyarakat Kabupaten Bandung tersebut.

BACA JUGA: Pemerintah Kabupaten Bandung Lakukan Ground Breaking Pembangunan RSUD Bojongsoang

“Selain itu kehadiran mobil perpustakaan keliling tersebut merupakan upaya Dispusip Kabupaten Bandung untuk menambah wawasan dan untuk pendidikan karakter anak-anak sekolah,” katanya.

Menurut Teguh, hadirnya mobil perpustakaan keliling tersebut merupakan salah satu upaya Dispusip dalam mendukung kegiatan orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu yang menggelar program Rembug Bedas di Desa Cikoneng.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan