Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN di Sumedang, Bawaslu Akan Panggil Kepala Dinas

JABAR EKSPRES – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumedang mengaku akan segera memanggil Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang, soal dugaan pelanggaran Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Sebab, Kepala Disparbudpora Kabupaten Sumedang diduga telah melanggar netralitas ASN.

Diketahui sebelumnya, Kadisparbudpora telah mengunggah video Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Daerah Pemilihan (Dapil) 3 (Jatinunggal -Conggeang-Paseh-Tomo-Ujungjaya-Jatigede) bernama Yusrina, S.E. dalam aplikasi perpesanan WhatsApp miliknya, serta akun sosial media lainnya yang bernama @nandang_suparman.

Demikian, Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Sumedang Luli Rusli mengatakan, bila pihaknya memiliki waktu 7 hari kerja dalam menangani dugaan netralitas ASN yang diduga dilakukan oleh Kepala Disbudparpora tersebut.

“Iya untuk penanganan dugaan pelanggaran itu kami ada punya waktu 7 hari kerja, terhitung dari Senin 18 September hingga Selasa 27 September 2023 nanti,” kata Luli saat dikonfirmasi wartawan JabarEkspres.com, Kamis 21 September 2023.

Luli mengaku, pihaknya telah mengkaji soal hukumnya, kemudian ada undangan kepada yang bersangkutan untuk klarifikasi dan hasilnya diputuskan dalam pleno bersama pimpinan Bawaslu lainnya.

“Iya sekarang kita masih kaji kajian hukumnya seperti apa, kemudian klarifikasi dengan memanggil yang bersangkutan,” katanya.

Dan hasilnya, Tambah Luli, yang bersangkutan melanggar hukum atau tidak, itu akan ditentukan dalam pleno. (Mg11)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan