Yuk, Cek Status Bantuan BPNT 2023 Tahap 5, Begini Tanda Cairnya!

JABAR EKSPRES – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau bantuan sembako yang diberikan oleh pemerintah melalui Kemensos adalah bantuan reguler yang selalu dinantikan setiap tahunnya.

Tahap 5 BPNT tahun 2023 telah disalurkan kepada sejumlah penerima dari berbagai daerah, dan bantuan ini diberikan oleh Kemensos kepada mereka yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Untuk dapat menerima BPNT tahap 5 tahun 2023, masyarakat perlu terdaftar sebagai penerima bantuan Kemensos dan dapat melakukan pengecekan melalui situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Tahun ini, ada perbedaan dibandingkan tahun sebelumnya, di mana BPNT tahap 5 tahun 2023 cair untuk dua bulan sekaligus, yaitu pada bulan September dan Oktober.

BACA JUGA: KABAR BAIK! Bansos BPNT Tahap 5 Segera Cair, Cek Daftar Penerimanya di Link Ini

Oleh karena itu, bagi mereka yang terdaftar sebagai penerima BPNT tahap 5 tahun 2023 akan menerima bantuan sebesar Rp400 ribu sekaligus.

Pencairan BPNT tahap 5 ini dapat dilakukan melalui dua mekanisme, yaitu pencairan di Kantor Pos atau melalui transfer ke rekening bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri, BTN).

Pencairan BPNT tahap 5 di Kantor Pos ditujukan untuk penerima bantuan yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Sementara itu, BPNT tahap 5 yang dicairkan di Kantor Pos diberikan kepada penerima yang tidak memiliki KKS, tetapi terdaftar di situs cekbansos.kemensos.go.id.

BACA JUGA: BURUAN! Cek Penerima Bansos BPNT September 2023 di Link yang Ada di Sini, Ada Namamu?

Nah, bagaimana cara untuk mengecek daftar penerima BPNT tahap 5 tahun 2023? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi laman DTKS Kemensos atau cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan Anda.
  3. Masukkan nama lengkap sesuai dengan data pada KTP Anda.
  4. Isi kode verifikasi yang muncul di layar.
  5. Klik tombol “Cari Data”.

Lalu, apa tanda bahwa bantuan BPNT tahap 5 tahun 2023 sudah cair? Tanda pastinya adalah ketika Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dari Kemensos telah diterbitkan.

Anda dapat memeriksa status penyaluran bantuan BPNT tahap 5 ini saat melakukan pengecekan daftar penerima di situs cekbansos.kemensos.go.id.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan