Bakal Cawapres Prabowo Subianto Belum Dipastikan, PAN: Tunggu Deklarasi Partai Demokrat

JABAR EKSPRES – Nama bakal calon Wakil Presiden (Cawapres) prabowo Subianto belum diumumkan hingga saat ini. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno juga sempat membahas hal tersebut.

Eddy Soeparno sempat menyatakan bahwa pembahasan bakal Cawapres untuk Prabowo Subianto, menunggu deklarasi resmi Partai Demokrat. Pasalnya, jika sudah dideklarasikan, lanjutnya, tentu hal tersebut sudah siap untuk dibahas.

BACA JUGA: Segan Libatkan SBY dalam Tim Pemenangan, Prabowo Subianto: Beliau Senior!

Seperti diketahui bahwa Prabowo Subianto belum memastikan siapa yang akan menjadi pendampingnya sebagai bakal Cawapres pada pemilihan Presiden (Pilpres) 2023.

“Kalau Partai Demokrat sudah mendeklarasikan, tentunya forum sudah matang untuk dibahas,” katanya di Kantor DPP Golkar, Jakarta, dikutip JabarEkspres.com pada Rabu, 20 September 2023 malam.

BACA JUGA: Dituding Aniaya Wamentan di Rapat Kabinet, Prabowo Subianto: Ketemu Juga Belum

Lebih lanjut, Ia menegaskan pembahasan tersebut merupakan kewenangan dari ketua umum masing-masing partai politik dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Sebagai informasi, KIM merupakan gabungan dari delapan partai politik parlemen dan nonparlemen yakni Golkar, Gerindra, PAN, PBB, Golkar, Garuda, Demokrat dan PSI.

Eddy Soeparno juga merupakan salah seorang dari puluhan elit parpol KIM yang berkumpul di DPP Golkar. Pertemuan itu membahas program dan tema kampanye bakal calon presiden Prabowo Subianto. Prabowo dalam berbagai kesempatan telah menyampaikan 17 program prioritas yang akan dilaksanakan jika terpilih sebagai presiden ke-8 RI.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan keputusan strategis Majelis Tinggi Partai (MTP) terkait dukungan terhadap bakal Cawapres dan koalisi kepada kader partai dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada Kamis, 21 September 2023.

“Ketum (Ketua Umum) AHY akan menyampaikan keputusan strategis Majelis Tinggi Partai (MTP) terkait dukungan bakal calon presiden dan koalisi kepada struktural partai dan kader yang hadir, serta kepada publik,” kata Kepala Badan Pembina Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat Herman Khaeron.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan