Menteri Risma Datangi Warga Pengidap Stroke di Bandung dan Berikan Bantuan

BANDUNG – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyerahkan bantuan langsung dengan mendatangi salah seorang warga pengidap stroke bernama Jotua Sinurat, di Jalan Rancakusuma, Cisaranten Kulon, Arcamanik, Kota Bandung, Rabu 20 September 2023. Pria berusia 51 tahun itu tampak terharu bercampur bahagia ketika dikunjungi Menteri Risma di kediamannya.

Jotua merupakan seorang pedagang mainan keliling yang menjadi aktivitas kesehariannya. Namun, kondisi fisik yang tak lagi prima membuat langkah kaki, gerakan tangan dan komunikasinya sulit lantaran mengalami stroke.

Ia tinggal bersama putranya, Ardi Sinurat di sebuah kontrakan di Jalan Rancakusuma, Cisaranten Kulon, Arcamanik, Kota Bandung. Sedangkan sang istri telah meninggalkannya sejak 15 tahun silam karena stroke yang diderita Jotua.

Kehadiran Menteri Risma tidak lepas dari video viral di platform TikTok beberapa waktu lalu yang memperlihatkan Jotua tengah duduk di pinggir jalan. Sembari menjajakan mainan, ia berniat menjual sepedanya untuk membayar tunggakan sekolah sang anak.

Dampak positif pun dirasakan Jotus pasca video tersebut viral. Sebab selain tak harus menjual sepeda satu-satunya yang digunakan untuk berkeliling berdagang mainan, Jotua bisa bertemu langsung Mensos Risma hingga mendapat berbagai bantuan.

Usai bertemu orang nomor satu di Kemensos tersebut, Jotua mengaku merasa senang dan bahagia. Ia bersyukur lantaran Menteri Risma juga membantu menyelesaikan berbagai persoalan yang kini dialami, termasuk memenuhi kebutuhan tempat tinggalnya.

“Senang, bahagia udah dapat bantuan. Sekarang dikasih tempat tinggal di Padjajaran. Enggak harus ngontrak bayar Rp 650 ribu perbulan,” ujar Jotua kepada awak media.

Meski telah disedikan tempat tinggal baru dan juga mendapatkan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos), Jotua mengaku tidak akan meninggalkan profesinya. Ia akan tetap berjualan untuk memenuhi kebutuhan harian, termasuk agar anaknya bisa terus sekolah.

“Tetap jualan. Di Padjadjaran jualan pun bisa. Kemarin jual sepeda niatnya Rp 200 ribu, tapi enggak jadi karena ada yang bantu,” aku Jotua.

Menteri Risma Puji Peran Aparat Kewilayahan

 

Sementara itu, Mensos Tri Rismaharini atau Menteri Risma bersyukur karena aparat kewilayahan setempat telah turut membantu. Terlebih, data kependudukan Jotua telah diperbaharui yang tentunya akan memudahkan penyaluran bantuan pemerintah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan