Soroti Rekam Jejak Politik SBY, Pendiri LSI: Jika Dukungan All Out Dapat Beri Efek Elektoral bagi Prabowo Subianto

JABAR EKSPRES – Hubungan politik antara Partai Demokrat dengan Prabowo Subianto menjadi perhatian sejumlah pihak, teramsuk pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Denny JA. Bahkan ia juga menyoroti pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Lebih lanjut, Denny JA juga menilai kehadiran Partai Demokrat di Koalisi Indonesia Maju (KIM) dapat memberikan efek elektoral bagi Prabowo Subianto jika SBY banyak membantu.

BACA JUGA: Terang-terangan Dukung Prabowo Subianto, AHY Bakal Deklarasikan pada Rapimnas Partai Demoktrat 21 September 2023 Nanti

Seperti diketahui bahwa dalam pertemuan yang digelar di adepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu, 17 September 2023 tersebut, AHY dan SBY memberikan dukungan terhadap bakal Capres Parabowo Subianto menjelang Pilpres 2024 mendatang.

“Peran Demokrat untuk Prabowo yaitu dapat memberi efek elektoral jika SBY all out dan turun gunung (memenangkan Prabowo Subianto),” kata Denny JA dalam keteranganya, dikutip JabarEkspres.com dari Antra News pada Senin, 18 September 2023.

BACA JUGA: Gelar Pertemuan dengan Prabowo Subianto, Juru Bicara Partai Gerindra: Kami Menangkap Semangat Pak SBY dan Mas AHY

Bukan tanpa alasan, Denny JA menilai bahwa SBY memiliki rekam jejak politi yang bisa berpengaruh terhadap dukungannya terhadap Prabowo Subianto. Pasalnya, katanya, SBY sempat memenangkan dua Pilpres di tahun 2004 dan 2009 lalu.

kemudian Denny JA juga membebrkan pada Pilpres 2004, SBY menang telak dengan selisih 20 persen di atas saingan terdekatnya di putaran kedua. Bahkan, di Pilpres 2009, SBY menang lebih 30 persen di atas saingan terdekatnya, sehingga Pilpres 2009 berlangsung satu putaran saja dengan tiga pasang Capres.

“Saya ingat di 2009, menggemakan slogan Satu Putaran Saja. Begitu kuat gema slogan itu, menjadi polemik pro dan kontra. Saya pun diberi penghargaan News Maker of Election 2009 oleh perkumpulan wartawan (PWI Jaya) karena slogan yang saya buat itu terbukti dan menjadi perhatian utama,” jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, jika SBY all out, maka akan banyak sekali para pendukung lama presiden ke-6 RI itu ikut memberikan sokongan. Menurut Denny JA, SBY bisa mengajak kembali komunitas lamanya untuk mendukung Prabowo.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan