Selidiki Penyebab Kebakaran Museum Nasional, Polisi: Proses Hukum Akan Ditegakkan Jika Terbukti Ada Unsur Pidana

JABAR EKSPRES – Kebakaran yang melahap 6 ruangan di gedung A Museum Nasional atau Museum Gajah, Jakarta Pusat masih dlaam penyelidikan polisi. Pasalnya hingga saat ini beum diketahui apa penyebab peristiwa tersebut.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengatakan bahwa pihaknya akan menelusuri unsur pidana dalam peristiwa kebakaran yang melahap 6 ruangan di gedung A Museum Nasional atau Museum Gajah, Jakarta Pusat tersebut.

BACA JUGA: Polisi Sebut Kemungkinan Adanya Tindak Kriminal dalam Insiden Kebakaran di Museum Nasional

Jika terbukti ada unsur tindak pidana dalam kebakaran yang melahap 6 ruangan di gedung A Museum Nasional atau Museum Gajah, Jakarta Pusat tersebut, Komarudin memastikan bahwa proses hukum akan ditegakkan.“Iya (didalami unsur pidana). Pasti, kami pastikan proses hukum akan ditegakkan mana kala ditemukan adanya potensi-potensi, hal-hal yang memang mengarah pada perbuatan pidana,” kata Komarudin kepada wartawan, dikutip JabarEkspres.com dari PMJ News pada Minggu, 17 September 2023.

BACA JUGA: Museum Nasional Indonesia Alami Kebakaran: Berapa Banyak Isi dalam Museum?

Lebih lanjut, Komarudin menyampaikan pihaknya terus melakukan pendalaman terkait peristiwa kebakaran yang melahap 6 ruangan di gedung A Museum Nasional atau Museum Gajah, yakni dengan mencari penyebab pasti sumber api dalam kebakaran hingga membesar.“Saat ini sedang mengevakuasi barang-barang bernilai sejarah yang masih bisa kita selamatkan. Termasuk juga dari tim Puslabfor yang sedang mengamati titik api mulanya dari mana,” katanya.

Kini pihaknya menegaskan bahwa belum sampai pada dugaan. Lantaran pihaknya masih terus melakukan pencarian dugaan titik awal terjadinya peristiwa tersebut.

“Kita belum sampai pada dugaan. Tim masih bekerja untuk mencari, dugaan titik pertama penyebabnya nanti apakah korsleting, atau apa, ini masih sangat-sangat bias,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Polisi menyebut ada sejumlah kendala dalam dalam proses penyelidikan kasus kebakaran Museum Nasional. Salah satunya membedakan antara puing kebakaran dan benda bersejarah yang kemungkinan terbakar.

“Kita sangat sulit membedakan mana-mana barang puing-puing reruntuhan, atau pun benda bersejarah, kita nggak paham,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin kepada wartawan, Minggu, 17 September 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan