Harga Beras di Kota Banjar Kian Meroket

JABAR EKSPRES – Harga berbagai jenis beras di Kota Banjar terus meroket. Bahkan tidak hanya di tingkat pedagang kecil, di tingkat distributor pun harganya kian melejit.

“Kondisi ini terjadi sudah hampir satu bulan, ditambah dengan musim kemarau berkepanjangan berdampak terhadap kenaikan harga pangan,” kata Risa, pengusaha beras di Kota Banjar, Senin (18/9).

Pantauan di lapangan, harga beras di salah satu agen beras Pasar Banjar kualitas premium dijual kisaran Rp14 ribu hingga Rp15 ribu per kilogramnya (kg). Sebelumnya beras presmium hanya dijual kisaran Rp10 ribu per kg.

BACA JUGA: Waspada! Copet Beraksi di Jalur Seputaran Istana Bogor, Satu Pelaku Berhasil Ditangkap

Sementara untuk beras jenis standar yang biasanya dijual kisaran Rp9 ribu hingga Rp10 ribu per kg, saat ini sudah tembus diharga Rp12.500 per kg.

Pemerintah Kota Banjar melakukan intervensi pasar dengan mendatangkan beras dari Perum Bulog. Sejumlah kios di Pasar Banjar mendapat suplai dari Perum Bulog untuk menjual beras harga murah. Harga beras dari Bulog ini dijual kisaran Rp9 ribu hingga Rp10 ribu per kg.

“Intervensi Bulog, ada 10 kios yang menjual beras Bulog. Kan harga beras Rp 14 ribu per kilogram, sekarang itu Rp10.900 per kilogram itu dari Bulog,” ujar Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih.

Ia menyebutkan langkah ini merupakan upaya pemerintah menekan kenaikan harga beras di Kota Banjar. Sehingga masyarakat Banjar tetap mampu membeli beras berkualitas dengan harga yang lebih murah.

“Ini bantuan dari Bulog. Kalo ada warga yang mau membeli beras murah dari Bulog ada di 10 kios Pasar Banjar,” kata Wali Kota Banjar.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banjar Edi Herdianto melalui Kabid Perdagangan Riyanti Savitrie mengatakan, intervensi Bulog di Pasar Banjar dalam menyiapkan komoditi beras ini diberikan untuk 4 kios.

BACA JUGA: Bulog Cabang Bandung Siap Gelontorkan 21 Ribu Ton Beras Selama 3 Bulan ke Depan

“Di Pasar itu ada 4 kios yang menjual beras murah dari Bulog, pengirimannya dilaksanakan setiap satu pekan sekali. Dimana tiap kiosnya mendapatkan 5 kuintal beras murah dari Bulog,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan