Selain Menjadi Makanan Mood Booster, Ini Manfaat Lain Dari Coklat!

JABAR EKSPRES – Mengonsumsi coklat atau jenis coklat hitam dengan coklat kadar kakao tinggi diketahui dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan.

Coklat sendiri di dalamnya terdapat bebagai kandungan, diantaranya seperti lemak, karbohidrat, kalori, protein, serat, zat besi, seng, magnesium, dan gula.

Penting untuk kamu ingat bahwa konsumsi coklat perlu diperhatikan, karena jika terlalu banyak konsumsi coklat yang mengandung gula dan lemak tambahan dapat mengakibatkan masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes.

Berikut ini beberapa manfaat dari makanan manis penambah mood ini, diantaranya:

Manfaat Coklat

  • Sumber Antioksidan

Coklat mengandung antioksidan seperti flavonoid, katekin, dan polifenol, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan ini dapat mendukung kesehatan sel dan jaringan serta mengurangi risiko kerusakan sel akibat stres oksidatif.

BACA JUGA: Menambah Citarasa Masakan, Ketahui Manfaat Lain Kecombrang!

  • Mendukung Kesehatan Jantung

Berdasarkan studi, konsumsi coklat hitam dalam jumlah yang tidak berlebihan dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Dengan begitu konsumi makanan ini berfanfaat dalam membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

  • Meningkatkan Mood

Coklat dapat meningkatkan produksi serotonin dalam otak, yang dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Ini adalah alasan mengapa banyak orang merasa senang setelah mengonsumsi coklat.

BACA JUGA: Gurih dan Lezat, Ketahui Kandungan Nutrisi Dalam Ikan Kembung!

  • Meningkatkan Konsentrasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang terdapat dalam coklat, seperti flavonol, memiliki manfaat yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan konsentrasi serta fungsi kognitif.

  • Perlindungan Kulit

Beberapa zat dalam coklat, seperti flavonoid, dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan elastisitas kulit. Namun, ini tidak berarti Kamu bisa menggantikan tabir surya dengan coklat.

  • Meningkatkan Kesehatan Pembuluh Darah

Coklat hitam juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dengan merangsang produksi oksida nitrat, yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi risiko hipertensi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan