2 Desa di Rancaekek Bandung Alami Kekeringan Dampak Kemarau, Warga Antre Pembagian Air Bersih Gratis

JABAR EKSPRES – Sejumlah warga di wilayah Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat mengalami kekeringan hingga sulit dapat air bersih, dampak dari musim kemarau 2023.

Hal itu diakui oleh Camat Rancaekek, Diar Hadi Gusdinar. Dia mengatakan bahwa dari 14 desa yang ada di wilayahnya, terdapat 2 desa yang mengalami kekeringan hingga sulit dapatkan air bersih.

“Betul, sebagian warga di Desa Sangiang dan Desa Rancaekek Wetan kini sudah mulai kesulitan air bersih,” kata Diar kepada JabarEkspres.com melalui seluler, Jumat, 15 September 2023.

Dia menerangkan, langkah untuk memenuhi kebutuhan warga terhadap air bersih, pihak Kecamatan Rancaekek melakukan berbagai upaya seperti mengirim air bersih untuk dibagikan.

“Di Desa Rancaekek Wetan, kesulitan air bersih terjadi di wilayah RW 06. Terkait sulitnya air, kita koordinasikan ke dinas terkait untuk ditindak lanjut,” terang Diar.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, Desa Sangiang dan Desa Rancaekek Wetan mendapat kiriman air bersih, sebab warga diketahui terdampak kekeringan akibat musim kemarau tahun ini yang cukup panjang.

Kesulitan air bersih di dua desa tersebut, selain sumur-sumur gali sudah kering kerontang, sumur-sumur pompa pun sudah tak mengeluarkan air lagi.

Kesulitan air bersih mulai terjadi di Desa Sangiang, saat ini sudah terbantu oleh Kementerian PUPR dengan mengirim bantuan air bersih dengan mobil tangki ke desa tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian PUPR yang telah peduli dan membantu dengan mengirim bantuan air bersih ke Desa Sangiang,” ucap Diar.

Dia berharap, dampak kekeringan hingga sulit air bersih akibat musim kemarau tahun ini, tidak semakin meluas di wilayahnya.

“Kita sudah koordinasikan dengan dinas terkait dan segera ditindaklanjuti untuk dikirim bantuan air bersih,” imbuh Diar.

Diungkapkan, bantuan air bersih tak hanya dikirimkan ke dua desa yang terdampak kekeringan, tapi Desa Jelegong pun turut mendapatkan kiriman air bersih.

“Termasuk Desa Jelegong turut mendapat kiriman air bersih, sebagai antisipasi sebelum warga mengalami kesulitan air,” ungkap Diar.

“Kita ucapan terima kasih juga kepada jajaran Polsek Rancaekek yang turut mengamankan,” tukasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan