Tiga Negara Baltik Larang Kendaraan Berplat Rusia Masuk ke Negaranya!

JABAR EKSPRES- Tiga negara Baltik, yaitu Lituania, Estonia, dan Latvia, telah mengumumkan larangan terhadap kendaraan dengan plat nomor Rusia yang memasuki wilayah mereka, dengan alasan bahwa langkah ini sesuai dengan pedoman yang diperbarui oleh Komisi Eropa.

Wakil Menteri Luar Negeri Lituania, Jovita Neliupsiene, menjelaskan bahwa saat ini warga Rusia hanya dapat melintasi perbatasan dengan dokumen perjalanan yang sah atau dengan menggunakan bus atau berjalan kaki.

Namun, dalam kasus kendaraan yang menuju Kaliningrad, wilayah Rusia yang terisolasi di antara Lituania dan Polandia, akan terkecuali dari larangan tersebut.

Baca juga:Kim Jong Un Menguatkan Kepentingan Hubungan Strategis dengan Rusia

Baca juga: Kongres Meksiko Perlihatkan Jasad Alien Berusia 1000 Tahun

Menteri Luar Negeri Estonia, Margus Tsahkna, menyambut baik keputusan tersebut dan menyatakan bahwa itu adalah langkah yang tepat.
Tsahkna menekankan bahwa pedoman terbaru dari Komisi Eropa mengenai kendaraan berplat nomor Rusia sejalan dengan kepentingan kebijakan luar negeri, posisi, dan kebijakan sanksi Estonia.

Selain itu, Latvia juga mengadopsi langkah serupa dengan melarang masuknya kendaraan berplat nomor Rusia, sebagaimana dilaporkan oleh media lokal.

Pada tanggal 8 September, Komisi Eropa meminta negara-negara anggotanya untuk menerapkan larangan terhadap kendaraan berplat nomor Rusia sebagai bagian dari sanksi yang diberlakukan terhadap Rusia. Larangan ini merupakan respons terhadap tindakan agresi Rusia di Ukraina.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan