Permudah Akses, Layanan BPJS Keliling Hadir di Universitas Santo Borromeus

JABAR EKSPRES – Demi mempermudah akses layanan administrasi dan informasi bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Cimahi kembali menghadirkan layanan BPJS Keliling. Kali ini layanan BPJS keliling mendatangi universitas.

Pemilihan universitas karena tempat tersebut dinilai menjadi salah satu tempat keramaian.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Bandung Barat Utamy Sri Rahayu mengaku, pihaiknya secara rutin datang langsung ke tempat-tempat keramaian. Salah satunya kampus.

Dia menjelaskan, layanan BPJS Keliling bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang mungkin sulit mengakses layanan ke kantor karena jarak yang jauh, harus bersekolah, bekerja, atau kondisi lainnya.

”Lewat layanan BPJS Keliling ini, masyarakat cukup datang dengan membawa Kartu Keluarga (KK) untuk kita proses administrasinya,” jelas saat ditemui di kampus Universitas Santo Borromeus, Kamis (14/9).

Dia mengatakan, masyarakat dapat memanfaatkan layanan administrasi Program JKN di BPJS Keliling berupa pendaftaran peserta baru, perubahan data kepesertaan seperti penambahan anggota keluarga atau perubahan fasilitas kesehatan, serta layanan informasi.

”Sekarang untuk peserta yang sakit dan ingin mengakses layanan di fasilitas kesehatan, baik itu layanan di FKTP atau di rumah sakit, cukup dengan menunjukkan NIK pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja. Tidak perlu harus ada kartu fisik ataupun fotokopi kartu JKN,” ujar Utamy.

Utamy mengaku, melalui kegiatan BPJS Keliling juga, pihaknya turut memberikan informasi mengenai inovasi dalam layanan administrasi, yaitu berupa pemanfaatan KTP sebagai identitas kepesertaan Program JKN.

”BPJS Keliling ini merupakan metode yang menjadi salah satu bentuk kolaborasi BPJS Kesehatan dengan berbagai elemen stakeholder di wilayah Kabupaten Bandung Barat,” katanya.

Dia mengatakan, BPJS Keliling bertujuan memberikan pelayanan administrasi kepesertaan kepada masyarakat yang tidak bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

”Tujuan utama kami adalah memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kabupaten Bandung Barat. Khusus hari ini pada mahasiswa, dosen, staf dan karyawan dari Universitas Santo Borromeus,” katanya.

”Peserta yang membutuhkan pelayanan administrasi maupun registrasi Aplikasi Mobile JKN bisa datang langsung ke stan atau mobil BPJS Keliling yang tersedia, nanti akan dilayani oleh petugas kami,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan