Bantu Kembangkan Usaha bagi Penerima Manfaat, 20 Pelaku UMKM Terima Gerobak dari Dinsos Kota Bandung

BANDUNGDinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung terus memberikan perhatian serius kepada warga penerima manfaat dengan upaya peningkatan kesejahteraan melalui.

Kali ini, Dinsos Kota Bandung menyalurkan bantuan gerobak bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Kota Bandung. Bantuan ini berasal dari donatur asal Kuwait melalui Yayasan Baitul Al-Khairiyah Indonesia, yang diinisiasati oleh Duta Sosial Kota Bandung, Marcel Siahaan.

Setidaknya, ada 20 pelaku UMKM Kota Bandung yang menerima bantuan tersebut. Mereka merupakan warga dari 12 kecamatan di Kota Bandung yang berprofesi sebagai pedagang yang juga terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Secara simbolis, bantuan diberikan Kepala Dinsos Kota Bandung, Soni Bakhtiyar kepada para penerima manfaat yang hadir langsung di Kantor Dinsos Kota Bandung, Kamis (14/9).

“Alhamdulillah, hari ini kita mendapat 20 gerobak untuk mengganti gerobak yang sudah rusak dan tidak layak pakai, yang digunakan warga berusaha. Usahanya ada yang jualan pempek, bakso, seblak, lotek, gorengan,” kata Soni Bakhtiyar.

Soni menjelaskan, para pelaku usaha penerima bantuan merupakan warga yang terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Pihaknya juga telah melakukan asesmen agar bantuan yang diberikan tepat sasaran.

“Kita lakukan asesmen by name by address dan by problem. Mudah-mudahan dengan asesmen yang kita lakukan, bantuan bisa tepat sasaran. Jadi tidak hanya menerima bantuan tapi memiliki nilai tambah bagi yang mendapatkan bantuan,” harap Soni.

Sebagai tindak lanjut adanya bantuan tersebut, Soni memastikan, Dinsos akan memberikan pendampingan terhadap pelaku UMKM. Termasuk memetakan lokasi berjualan yang strategis.

“Jadi ada pendampingan usaha yang akan diberikan Dinsos maupun perangkat daerah lain, yang memiliki urusan untuk pendampingan UMKM,” tutur Soni.

Sementara itu, Duta Sosial Kota Bandung, Marcel Siahaan menyatakan dukungan penuh terhadap proyek perubahan yang dilakukan Kepala Dinsos Kota Bandung saat ini. Termasuk bagi peningkatan usaha para pelaku UMKM.

“Saya yakin, layanan ini akan mempermudah saudara-saudara kita dalam akses layanan kesejahteraan sosial,” ujar Marcel, melalui tangan video, Kamis 14 September 2023.

Ia pun berharap, agar semakin banyak bantuan-bantuan serupa dari berbagai pihak melalui proses sinergitas dan kolaborasi dengan Dinsos Kota Bandung. Sehingga, lanjut Marcel, pelayanan kepada masyarakat khususnya penerima manfaat, akan terus meningkat dan lebih baik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan