Pedagang Beras di Cimahi Menjerit, Omset Turun Drastis

JABAR EKSPRES – Pedagang beras di Pasar Atas Baru, Kota Cimahi, Jawa Barat mengalami penurunan omset cukup drastis. Hal itu disebabkan harga beras mahal. Seperti yang diakui Agus Hambali, omsetnya turun 50 persen.

Pada saat harga normal, ia mampu menjual beras kualitas medium dan premium hingga dua ton per hari. Namun kini, ia mengaku untuk menjual satu ton per hari saja sulit.

BACA JUGA: Rumput Alun-alun Cimahi Terancam Mati?

“Harga dari pemasoknya sudah mahal, jadi saya menjual lagi ke konsumen untuk beras medium Rp14 ribu per kilogram (kg), untuk kualitas premium Rp15 ribu per kg,” kata Agus Hambali didampingi istrinya di kios Pasar Atas Baru Kota Cimahi kepada JabarEkspres.com Senin, 11 September 2023.

Pada saat harga beras normal, kisaran beras medium Rp10 ribu per kg, sementara beras Premium Rp12 ribu per kg. Menurut dia, selain harga dari pemasoknya sudah tinggi, setok berasnya pun sulit. Dalam satu kali pemesanan bisa hampir seminggu baru beras dikirim.

BACA JUGA: Geng Motor GBR Aniaya Korban Di Bawah Umur dengan Sajam, Polres Cimahi Berhasil Ringkus Pelaku

“Harganya tinggi, setoknya juga sulit karena rebutan dengan pembeli yang lain. Saya biasa ngambil setok beras dari Cianjur, Subang, Indramayu, dan Soreang. Namun hampir semua tempat sekarang sulit dan hanrganya tinggi,” kata dia.

Ia menduga, kesulitan setok beras dan hargan tinggi ini disebabkan dampak Elnino. Musim kemarau membuat kesulitan para petani untuk bercocok tanam padi. Sehingga jumlah produksinya pun menurun.

“Ini hampir merata di semua daerah. Harganya naik, omset pedagang semua turun. Pembeli berkurang,” katanya.

Senada, pedagang beras di pasar yang sama, Moreno, mengatakan harga beras medium dan premium yang ia jual ke konsumen mulai Rp13.500 hingga Rp14.500 per kh.

“Barangnya (beras, Red) susah, harganya sudah tinggi dari distributornya. Saya tidak tahu kondisi ini akan berlangsung berapa lama. Kalau setoknya menipis terus, kemungkinan harga akan terus naik,” kata Moreno.

Kenaikan harga beras juga diakui Pemerintah Kota Cimahi. Disdagkoperin Kota Cimahi bekerjasama dengan Bulog akan menggelar operasi pasar murah pada 20 September 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan