Pastikan Padam, Damkar Kota Cirebon Siagakan Personil 24 jam di TPA Kopi Luhur Kota Cirebon

JABAR EKSPRES — Damkar Kota Cirebon siagakan personil hingga pagi hari nanti, Minggu, 10 September 2023, guna pastikan api yang membakar TPA Kopi Luhur Kota Cirebon benar-benar padam.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan, Operasi dan Penyelamatan, Nurzaman, menyampaikan saat ini para personilnya masih berjibaku memadamkan api yang masih menyala dari sisa-sisa pembakaran.

“Api masih menyala, namun sudah tidak membumbung tinggi, saat ini kami tengah berupaya melakukan pendinginan,” katanya, Sabtu, 9 September 2023.

BACA JUGA: Dua Kendaraan Berat Ini Ikut Bantu Padamkan Api TPA Kopi Luhur Kota Cirebon

Melihat kondisi personilnya yang sudah kelelahan, pihaknya berkecil hati bisa padamkan api hingga dini hari nanti.

Meski lelah, dia dan anggota Damkar Kota Cirebon tetap berupaya maksimal bisa mendinginkan bekas pembakaran diselesaikan malam ini.

“Harapannya bisa diselesaikan malam ini, tapi mustahil semoga saja bisa, karena bekas sampah yang terbakar masih mengeluarkan asap, sewaktu-waktu bakal menyala lagi, kita sedang coba buat urug pakai tanah,” ungkapnya.

“Namun, kami juga akan mensiagakan personil berjaga hingga pagi hari untuk memastikan api benar-benar padam,” imbuhnya.

Bukan hanya Damkar Kota Cirebon, peristiwa ini menyita perhatian BPBD Kota Cirebon yang juga ikut berjaga, mengawasi api yang sewaktu-wajtu muncul di lokasi dari sisa pembakaran.

“Kita juga terus berkoordinasi dengan BPBD Kota Cirebon, agar tidak terjadi miss komunikasi,” ucapnya.

Jika ditotal, pihaknya menyimpulkan kebakaran ini tidak menimbulkan kerugian materi sebab yang terbakar hanya sampah rumah tangga.

“Untuk kerugian belum bisa ditaksir atau tidak ada, karena yang terbakar sampah rumah tangga, namun kemungkinan kesehatan masyarakat menjadi yang dirugikan akibat asap tebal dari sisa pembakaran,” ucapnya.

BACA JUGA: Bakaran Sampah Jadi Penyebab TPA Kopi Luhur Kota Cirebon Terbakar

Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk memakai masker dan mengevakuasi diri jika diperlukan agar tidak mempengaruhi kesehatan.

Damkar Kota Cirebon memastikan, api yang membakar TPA Kopi Luhur tidak merembet ke area pemukiman masyarakat yang hanya berjarak sekitar 500 meter.

“Saat ini kondisi personil sudah semaksimal mungkin berupaya memadamkan api, saat ini kita pastikan api tidak merembet ke pemukiman warga,” tutupnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan